KPU Padang Panjang buka pendaftaran calon perseorangan Pilkada 2024

id Pilkada serentak 2024.,KPU Padang Panjang

KPU Padang Panjang buka pendaftaran calon perseorangan Pilkada 2024

KPU Padang Panjang sosialisasikan tahapan Pilkada serentak 2024

Padang Panjang (ANTARA) - Pada awal Mei 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang lakukan penerimaan pendaftaran calon perseorangan pada pemilihan Walikota dan Calon wakil Walikota periode 2024-2029. Hal itu di katakan Komisioner KPU Padang Panjang Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Masnaidi, Selasa (30/4).

Masnaidi menjelaskan untuk jadwal calon perseorangan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon pada tanggal 5 Mei sampai 19 Agustus 2024.

“Pengumuman pendaftaran paslon tanggal 24-26 Agustus, pendaftaran paslon tanggal 27-29 Agustus.

Ia menjelaskan, untuk pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan, sampai sekarang model dukungan itu secara teknis belum disampaikan oleh KPU RI sehingga bagi yang meminta, kepada tim teknis KPU menyerahkan model dukungan pada pemilu 2020 lalu.

“Tapi kita sampaikan ini belum final, jadi jangan dulu disebarkan karena masih menggunakan format tahun 2020, saat ini tim teknis kami sedang melakukan koordinasi dengan KPU RI terkait calon perseorangan ini, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini keluar model dukungan bagi calon perseorangan ini untuk yang berminat maju menjadi calon walikota dan calon wakil walikota Padang Panjang melalui jalur perseorangan,” jelas Masnaidi.

Masnaidi menambahkan untuk syarat dukungan pasangan calon perseorangan harus didukung 10 persen dari jumlah DPT yang ada.

“DPT Padang Panjang Pemilu 2024 sebanyak 43.482, untuk syarat dukungan calon perseorangan 10 persen dari DPT maka, pasangan calon perseorangan harus mendapat dukungan 4.349,” jelas Masnaidi.

Terkait DPT, saat ini KPU juga akan membentuk Pantarlih untuk melakukan verifikasi terhadap DPT yang sudah ada, karena pada jadwal pemilihan nasional serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota mendatang akan ada penambahan pemilih dikalangan milenial.