Dirut Semen Padang sampaikan pesan pada bulan K3 nasional

id semen padang

Dirut Semen Padang sampaikan pesan pada bulan K3 nasional

Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra menyampaikan sejumlah pesan kepada jajaran perusahaan tersebut pada peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional. (Antara/HO-Humas Semen Padang).

Padang (ANTARA) - Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra menyampaikan sejumlah pesan kepada jajaran perusahaan tersebut pada peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional.

"Peringatan Bulan K3 nasional digelar mulai 12 Januari 2024 hingga 12 Februari 2024 dengan tema budayakan K3, sehat dan selamat dalam bekerja, terjaga keberlangsungan usaha," kata Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra di Padang, Kamis.

Tema tersebut memberikan pesan yang jelas bahwa kesehatan, keselamatan, dan keberlangsungan usaha saling terkait dan membutuhkan upaya bersama untuk mencapai tujuan perusahaan.

"Dasar-dasar K3 tidak hanya mencakup peraturan dan prosedur yang harus diikuti. Tapi harus melibatkan perubahan sikap dan budaya di tempat kerja," katanya.

Mulai dari kesadaran akan risiko, penggunaan peralatan pelindung diri yang sesuai, hingga membudayakan kebiasaan yang aman dan mengedepankan prinsip kesehatan mental dan fisik bagi setiap anggota tim.

"Untuk itu, saya minta seluruh insan Semen Padang Group, mulai dari jajaran direksi sampai pelaksana agar dapat mengimplementasikan K3 secara baik, benar, dan tepat," kata Indrieffouny.

Kepada para General Manager (GM) sebagai penanggung jawab operasional, ia berharap untuk meningkatkan awareness dan kepedulian terhadap implementasi K3 dan memastikan bahwa semua pekerjaan dikerjakan dalam kondisi dan perilaku aman.

"Harus ada upaya menghilangkan unsafe action dan unsafe condition sehingga probabilitas menuju kejadian kecelakaan fatal dan kejadian-kejadian lainnya dapat dieliminasi," ujarnya.

"Jangan sampai ada kejadian fatality ataupun kecelakaan kerja sekecil apapun. Lakukan Safety Talk setiap hari untuk mengingatkan pekerja mengenai risiko dan bahaya di area kerja mereka. Dengan Upaya-upaya seperti itu, semua orang menjadi sadar tentang pentingnya K3 di lingkungannya. Ingat! K3 itu untuk kita semua!" sambung Indrieffouny.

Penegakan peraturan K3, sebutnya, bersifat mandatory karena itu semua orang harus terlibat untuk mewujudkannya. Mulai dari pimpinan tertinggi perusahaan, pimpinan unit kerja, pimpinan kontraktor, pengawas lapangan, pekerja dan seluruh personel.

Indrieffouny menyampaikan bahwa K3 adalah investasi jangka panjang bagi keberhasilan perusahaan. Ketika memprioritaskan keselamatan dan kesehatan, perusahaan bukan hanya mengurangi risiko kecelakaan atau insiden, tetapi juga meningkatkan produktivitas, kualitas kerja, dan citra perusahaan di mata stakeholder. Oleh karena itu, Indrieffouny mengajak semua insan perusahaan untuk bersama-sama menjadikan K3 sebagai bagian tak terpisahkan dari budaya kerja.