Sembilan koperasi terbentuk di Agam selama 2023

id Koperasi agam,Berita agam,Berita sumbar

Sembilan koperasi terbentuk di Agam selama 2023

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Agam Dedi Asmar. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencatat sebanyak sembilan koperasi terbentuk di daerah itu selama 2023 dan 145 unit yang aktif.

"Sembilan koperasi itu bentukan masyarakat dan sedang penggurusan akte di notaris," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Agam Dedi Asmar di Lubuk Basung, Jumat.

Ia mengatakan, ke sembilan koperasi itu berada di Nagari atau Desa Pasia Laweh, Koto Gadang, Koto Tinggi, Simarasok, Salo dan lainnya.

Dari sembilan koperasi itu, tambahnya, koperasi di Nagari Pasia Laweh memiliki calon anggota cukup banyak sekitar seribu orang.

"Kita terus melakukan pembinaan ke sembilan koperasi yang baru terbentuk tersebut, sehingga usaha yang bakal dijalankan cukup bagus dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya," katanya.

Ia mengakui, total koperasi di Agam sebanyak 229 unit. Dari 229 unit itu sebanyak 145 unit yang aktif yang terus menjalankan rapat akhir tahun dan menjalankan aktivitas.

Sementara dua koperasi direvitalisasi dan 82 unit koperasi tidak aktif. Namun pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap koperasi dalam bentuk pembinaan.

Selain itu, melakukan diskusi dengan anggota dan terutama sekali memberikan pemahaman anggaran dasar dan laporan keuangan masing-masing koperasi, karena titik berat koperasi berada pada laporan keuangan.

"Pembinaan kita lakukan awal, pertengahan dan akhir tahun dengan menurunkan tim. Dari pengawasan itu bakal nampak kondisi koperasi tersebut," katanya.

Ia menambahkan, koperasi itu bergerak di bidang produsen, konsumen dan jasa.

Diharapkan koperasi mempunyai fungsi yang dapat membantu kerja pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat, karena ratusan miliar uang beredar di koperasi setiap tahunnya.

"Intinya peredaran uang ada dibawah dan sesuai dengan jargon koperasi maju, UMKM terbantu, ekonomi masyarakat akan terangkat," katanya.