Penajam siapkan Rp12 miliar interkoneksi jaringan perpipaan air be rsih

id penajam,perumda,air bersih,air minum,perpipaan,jaringan,interkoneksi

Penajam siapkan Rp12 miliar interkoneksi jaringan perpipaan air be rsih

Direktur Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur Abdul Rasyid (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)

Penajam Paser Utara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menyiapkan dana lebih kurang Rp12 miliar untuk melakukan antarsambungan (interkoneksi) jaringan perpipaan dalam memperluas cakupan pelayanan air bersih di wilayah berjuluk Benuo Taka itu.

Pemerintah kabupaten, menurut Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka, Kabupaten Penajam Paser Utara Abdul Rasyid di Penajam, Selasa, menyediakan anggaran sekitar Rp12 miliar untuk perluasan cakupan layanan air bersih.

Anggaran tersebut dialokasikan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2024.

Dana yang disiapkan itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp7 miliar dan Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Rp5 miliar.

"Anggaran itu untuk interkoneksi jaringan perpipaan air bersih dari Kecamatan Waru ke Kelurahan Petung sampai daerah pesisir," jelasnya.

Program menyangkut sistem penyediaan air bersih 2024, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memprioritaskan interkoneksi jaringan perpipaan air bersih di wilayah setempat.

Dinas PUPR Kabupaten Penajam Paser Utara yang menangani langsung proyek pemasangan pipa distribusi air bersih, setelah selesai Perumda Air Minum Danum Taka melakukan pemasangan sambungan jaringan air bersih ke rumah warga.

"Setelah pemasangan pipa distribusi, baru dilakukan pemasangan meteran air ke rumah-rumah warga," katanya.

"Perluasan layanan air bersih dilakukan terutama untuk warga yang ada di pesisir," tambahnya.

Perluasan cakupan pelayanan air bersih itu ke wilayah pesisir Kecamatan Penajam, di Kelurahan Tanjung Tengah, Saloloang dan Kelurahan Sesumpu.

Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara terus memperluas jangkauan pelayanan air bersih dengan penambahan sambungan langganan di tingkat Kecamatan, demikian Abdul Rasyid.

Baca juga: Perumda Penajam penuhi kebutuhan air bersih Bandara Naratetama IKN

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penajam siapkan Rp12 miliar interkoneksi jaringan perpipaan air bersih