Puluhan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unand kuliah lapangan fotografi di Antara Sumbar

id FISIP Unand,LKBN Antara Sumbar

Puluhan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unand kuliah lapangan fotografi di Antara Sumbar

Padang (ANTARA) - Puluhan mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) melakukan kuliah lapangan mata kuliah fotografi di LKBN Antara Sumatera Barat.

"Kuliah lapangan fotografi ini supaya mahasiswa bisa belajar langsung kepada yang profesionalnya," kata dosen Pengampu Mata Kuliah Dalmenda, M.Si saat sambutan pada awal kuliah lapangan di lantai 1 Kantor Antara Biro Sumbar pada 19 Desember 2023.

Kuliah lapangan dibuka oleh Kepala Perum LKBN Antara Biro Sumbar Irwan, dan pembicara fotografer senior Iggoy el Fitra.

Dalmenda mengatakan, tujuan untuk membawa mahasiswa kuliah lapangan adalah supaya bisa langsung mengkonfirmasi teori dipelajari di kampus kepada fotografer profesional.

Selain itu, tak kalah pentingnya bagaimana mahasiswa mendapatkan edukasi yang berkaitan dengan praktik kerja seorang pewarta foto.

"Metode pembelajaran seperti ini tentu satu kesempatan bagi mahasiswa ilmu komunikasi yang mengambil mata kuliah fotografi untuk lebih mendalami kepada profesional yang tiap hari melakukan pemotretan. Apalagi bisa menggali pengalaman fotografer yang sudah skala nasional, dan sering meraih juara lomba foto,"katanya.

Kepala Perum LKBN Antara Biro Sumbar Irwan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap mahasiswa dan Departemen Ilmu Komunikasi yang mau untuk mendalami ilmu fotografi di Antara Sumbar.

Langkah yang diambil sudah tepat, karena fotografi merupakan ilmu terapan yang tidak cukup hanya belajar teori-teori di kelas saja tanpa ada praktiknya secara langsung.

Menurut dia, fotografi punya seni tersendiri karena berkaitan di antaranya sudut dan naluri yang memotret, serta dan memiliki hak paten.

Oleh karena itu, kesempatan kuliah lapangan ini, para mahasiswa bisa memanfaatkan secara maksimal dalam belajar dan menggali ilmu dari pemateri yang sudah bertahun menggeluti fotografi dan banyak penghargaan diraih.

"Jadwal kuliah lapangan ini sempat diundur beberapa kali, pertama berbenturan dengan HUT ke-86 Antara, kedua pemateri yang harus ke Jakarta menerima juara pertama lomba foto KKP tingkat nasional. Alhamdulillah hari Selasa ini (19/12) bisa terlaksana," kata Irwan.

LKBN Antara Sumbar, tambahnya, sangat terbuka terhadap kegiatan-kegiatan pendalaman ilmu bagi mahasiswa yang ingin fokus dalam ilmu jurnalistik.

"Kami tiap tahun menerima mahasiswa magang dari berbagai perguruan tinggi di Sumbar, bagi yang ingin mendalami ilmu fotografi, penulisan berita atau artikel, dan video jurnalistik," ungkapnya.*