Legislator ajak warga Agam jagan kesehatan, ini harta berharga

id Anggota Komisi IX Bidang Kesehatan dan Ketenaga Kerjaan DPR RI, Ade Rezki Pratama ,Berita agam,Berita sumbar

Legislator ajak warga Agam jagan kesehatan, ini harta berharga

Anggota Komisi IX Bidang Kesehatan dan Ketenaga Kerjaan DPR RI, Ade Rezki Pratama sedang memberikan materi saat sosialisasi Gerakan Masyarkat Hidup Sehat di Gor Rang Agam Lubuk Basung, Senin (11/12). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Anggota Komisi IX Bidang Kesehatan dan Ketenaga Kerjaan DPR RI, Ade Rezki Pratama mengajak warga Kabupaten Agam, Sumatra Barat untuk menjaga kesehatan, karena ini merupakan harta sangat berharga.

"Kesehatan merupakan harta sangat berharga diatas dunia, bukan rumah bertingkat, uang dan emas cukup banyak, maupun jabatan," katanya saat sosialisasi Gerakan Masyarkat Hidup Sehat (Germas) bagi masyarakat Agam di Gor Rang Lubuk Basung, Senin.

Ia mengatakan, kesehatan tersebut tidak bisa dinilai dengan apapun. Apabila seseorang memiliki jabatan tinggi, uang banyak dan harta melimpah ketika mengalami sakit, maka mereka tidak bisa melakukan apapun.

Untuk itu, ia mengimbau warga Agam untuk menjaga kesehatan dengan sering berolah raga, tidur teratur dan lainnya.

"Ini harus dilakukan agar kesehatan tetap terjaga dan kita bisa melakukan aktivitas seperti biasa," katanya.

Ia mengatakan, kesehatan itu dijaga dari dalam rahim sampai dewasa dengan cara mengkosumsi makanan yang bergizi, vitamin dan lainnya agar lahir anak yang cerdas.

Setelah itu, bisa mencegah stunting atau kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Sementara Ahli Muda Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Ari Sulistiana menambahkan Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

"Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat, sehingga terhindar dari penyakit," katanya.

Sekretaris Daerah Agam Edi Busti mengucapkan terimakasih atas perhatian anggota DPR-RI kepada masyarakat Agam dengan mengadakan sosialisasi Gerakan Masyarkat Hidup Sehat.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, kesehatan merupakan persoalan utama, karena orang tidak sehat tidak bisa menjalankan aktivitas.

Sementara biaya berobat ketika sakit cukup besar, mulai biaya berobat sampai pendapatan yang tidak diperoleh selama sakit.