Kemenhub imbau masyarakat hindari puncak mudik libur Nataru

id libur nataru

Kemenhub imbau masyarakat hindari puncak mudik libur Nataru

Penumpang kapal berfoto saat menenunggu keberangkatan menggunkan KM Labobar di Pelabuhan Ahmad Yani, Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (23/12/2022). Ratusan pemudik asal Bitung Sulawesi Utara dan Pantoloan Sulawesi Tengah tersebut lebih memilih menggunakan transportasi jalur laut yang harganya masih relatif terjangkau untuk mudik merayakan Natal dan Tahun baru 2023 di kampung Halamanya. ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk menghindari melakukan perjalanan pada arus puncak mudik dan arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 agar terhindar dari kepadatan arus lalu lintas.

"Mengimbau masyarakat agar merencanakan dengan baik perjalanannya dan menghindari puncak arus mudik dan balik," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Adita menyampaikan, Kemenhub memprediksi arus mudik dan balik terjadi dua kali, yakni puncak arus mudik pertama akan terjadi pada Jumat, 22 Desember 2023, lalu kedua terjadi pada Jumat, 29 Desember 2023.

Sedangkan untuk prediksi arus baliknya terjadi pada Selasa, 26 Desember 2023, dan pada Senin, 1 Januari 2024.

Adapun titik krusial penanganan arus pergerakan masyarakat salah satunya berada di Jalur Trans Jawa.

"Untuk itu segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik, seperti misalnya manajemen rekayasa lalu lintas baik di jalan tol maupun non tol, pengendalian pasar tumpah, optimalisasi rest area di jalan tol dan jembatan timbang sebagai tempat istirahat, dan lain sebagainya," ujarnya.

Lebih lanjut Adita menyampaikan, guna menghindari kepadatan pada saat melakukan perjalanan, masyarakat juga diimbau untuk memanfaatkan transportasi massal atau mengikuti program mudik gratis.

Selain itu, diimbau untuk tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh. Namun demikian, jika terpaksa menggunakan motor, agar mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

Bagi pengguna jalan tol, agar tidak memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh dan jangan berhenti di bahu jalan.

Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan.

"Mengimbau supaya masyarakat selalu mengikuti informasi terkini dari media sosial resmi milik operator jalan tol maupun kepolisian. Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui informasi terkait rekayasa lalu lintas yang sedang diterapkan, sehingga dapat mengantisipasi kemacetan," katanya.

Ia menambahkan, Kemenhub bersama Korlantas Polri akan melakukan survei kesiapan Nataru, kemudian dilanjutkan dengan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Kemenhub juga akan membuat Posko Angkutan Natal 2023 dan Tahun baru 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2023.

"Kami bersama kementerian terkait juga akan melakukan penetapan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengendalian Angkutan Nataru, serta melakukan serangkaian koordinasi lintas sektoral," pungkas Adita.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub imbau masyarakat hindari puncak mudik pada libur Nataru