Pariaman siapkan sembilan posko pengamanan Nataru di objek wisata

id pemkot Pariaman,berita Pariaman,pariwisata Pariaman,berita sumbar

Pariaman siapkan sembilan posko pengamanan Nataru di objek wisata

Rapat koordinasi pembentukan posko pengamanan Nataru di Kota Pariaman, Sumbar. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat bersama aparat kepolisian dan TNI setempat menyiapkan sembilan posko pengamanan di objek wisata guna memastikan keamanan dan ketertiban di daerah itu selama libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024.

"Sekitar 50 orang personil Satpol PP disiapkan dalam rangka pengamanan selama Nataru ini," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman Alfian di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan pengamanan dari Polres Pariaman akan beroperasi mulai hari ini hingga 2 Januari 2024 sedangkan tim gabungan disiagakan pada 31 Desember 2023 atau malam tahun baru.

Karena pengamanan Nataru dari tim gabungan yang terdiri TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan maka ia mengharapkan adanya saling koordinasi sehingga perayaan malam tahun baru berjalan aman dan lancar.

Adapun sembilan titik posko pengamanan tersebut yaitu Pantai Apar, Pantai Talao Pauh, Pantai Gandoriah, Pantai Cermin, Taman Ayunan, Pantai Kata, Pantai Sunur, Pantai Anas Malik, dan Pulau Angso Duo Pariaman.

Pada tahun-tahun sebelumnya beberapa lokasi wisata tersebut pada libur Nataru banyak dikunjungi oleh wisatawan apalagi saat malam pergantian tahun.

Wisatawan tersebut tidak saja sekadar berkumpul namun juga ada yang melepas kembang api untuk menyemarakkan malam pergantian tahun.

Selain mempersiapkan posko di objek wisata, ia juga meminta camat membuat edaran ke masing-masing desa dan kelurahan untuk mendata kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pemuda pada malam tahun baru.

"Tujuannya agar dalam melaksanakan acara tetap berpedoman kepada aturan yang berlaku," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau warga dan wisatawan untuk ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban agar pada libur Nataru 2024 berjalan aman dan lancar.