Polres Pesisir Selatan dirikan Pos Pam Carocok Painan untuk keselamatan dan informasi selama libur Nataru 2023

id Masyarakat Bisa Manfaatkan Pos Pam Carocok Painan Untuk Keselamatan dan Informasi Selama Berwisata

Polres Pesisir Selatan dirikan Pos Pam Carocok Painan untuk keselamatan dan informasi selama libur Nataru 2023

Painan (ANTARA) - Dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru 2024, Polri melaksanakan Operasi Lilin Singgalang Tahun 2023 tidak terkecuali Polres Pesisir Selatan.

Setelah melaksanakan Apel gelar Pasukan yang di pimpin oleh Kapolres Pessel AKBP Novianto Taryono, SH, SIK, MH pada tanggal 21 Desember 2023 melanjutkan Polres Pesisir Selatan langsung melaksanakan Lat Pra Ops Lilin Singgalang Tahun 2023 yang di laksanakan Aula Endra Dharmalaksana Mapolres Pessel.

Hari ini H Ke-6 Pengamanan Operasi Lilin Singgalang Tahun 2023, Kapolres Pessel AKBP Novianto Taryono, SH, S.I.K, MH mengucapkan terima kasih kepada personelnya dan seluruh unsur masyarakat yang “Alhamdulillah kegiatan masyarakat berjalan dengan aman dan kondusif tanpa ada kejadian menonjol, dibuktikan dengan selalu Aktif Pos Pengamanan yang telah ditentukan antara lain.

Pos Pengamanan di Objek Wisata Carocok Painan Ken. Painan Selatan Kec. IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Polres Pesisir Selatan semenjak berlakunya Operasi Lilin Singgalang Tahun 2023 ini dimulai tanggal 22 Desember 2023 menyiapkan 2 pos pengamanan dengan petugasnya masing-masing 05 personel setiap harinya berdinas 1X24 Jam bergabung dengan TNI, Dishub, Dinas Kesehatan dan BPBD di objek wisata mandeh, begitupun juga objek wisata carok Painan.

Disamping personel cadangan sebanyak 20 personel yang nantinya akan mengantisipasi kemacetan atau kejadian menonjol yang perlu kehadiran petugas di lokasi objek wisata berpotensi kerawanan kamtibmas tersebut.

Hal ini sengaja disiapkan untuk pelayanan selama operasi Lilin Singgalang dan disampaikan juga pos ini untuk pelayanan masyarakat yang melaksanakan mudik maupun pengawasan objek wisata yang diperkirakan akan ramai dikunjungi masyarakat, bisa memanfaatkan pos tersebut apabila mengalami kendala dan hambatan ataupun gangguan keamanan selama perjalanan liburan.

Dan personel yang bertugas tetap menegakkan Prokes terhadap masyarakat agar penyebaran COVID-19 tidak meningkat di Kabupaten Pesisir Selatan.

Operasi Lilin Singgalang Tahun 2023 ini akan digelar selama 12 hari mulai dari Tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 02 Januari 2024, sebanyak 100 personel Polres Pessel di terjunkan dalam pelaksanaan pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru 2024 M.

Ini merupakan bentuk wujud pelayanan nyata Polres Pesisir Selatan kepada masyarakat, agar masyarakat mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama melaksanakan mudik atau liburan, yang bertemakan ” Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Nataru (Natal dan Tahun Baru).

Kapolres Pessel AKBP Novianto Taryono, SH, SIK, MH pada saat pelaksanaan Ops Lilin Singgalang Tahun 2023 menyampaikan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan agar selalu menjaga kondisi fisik dalam keadaan prima, agar pada saat pelaksanaan pengamanan nantinya kita dapat melakukan dengan Optimal memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Serta tetap mematuhi Prokes baik personel maupun masyarakat dengan terus melakukan himbauan yang humanis kepada masyarakat agar tetap disiplin pakai masker dan Vaksinasi booster karena pandemi belum berakhir, tutur Kapolres.

Disamping pribadi tetap menjaga penampilan dan kerapian dalam persiapan menghadapi tantangan tugas kedepanya.

“Polri mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas,” kata Kapolres.

Polri menghimbau pemudik agar melaporkan rumah yang ditinggalkan kepada kantor polisi terdekat, sehingga nantinya dapat dikatakan dan dilaksanakan patroli.

Polri juga akan menyediakan fasilitas lokasi lahan parkir di kantor Polisi bagi pemudik yang mau menitipkan kendaraannya dan menghimbau masyarakat untuk tetap tertib berlalu lintas dan juga menjaga keselamatan saat melaksanakan mudik dan perayaan natal dan tahun baru 2024.

Terpantau oleh Humas di Hari H Ke-6 personel di Pos Pam mulai melaksanakan pengaturan lalu lintas arus balik ataupun yang mau masuk ke objek wisata termonitor belum ramai namun lancar dan kondusif hingga ke Objek Wisata Carocok Painan.

Personel sejak pagi hingga malam hari tetap stand by di Pos masing-masing dengan memantau kendaraan yang melintas dan ada juga masyarakat yang bertanya tentang kendala yang dihadapi selama diperjalanan.

Bahkan petugas Pos membantu melancarkan arus lalu lintas di depan pos masing-masing dengan lorong memberikan peringatan bagi pengemudi untuk terus bergerak jangan berhenti di bahu jalan, bahkan kendaraan yang sedang mogok dibantu oleh petugas.

Untuk Apel pagi Pos Carocok Painan dipimpin oleh Ka Pam Wilayah Kapolsek IV Jurai IPTU Edy Roszal didampingi Ka Pos Pam AKP Masdi di awasi Unit Provos Polres Pessel.

Personil ditugaskan menyasar di titik rawan kemacetan mulai dari sebelum masuk objek wisata Carocok Painan hingga keluar objek wisata, mengalihakan arus padat didalam mulai masuk kawasan objek wisata.

Sedangkan didalam lokasi objek wisata Carocok Painan juga terdapat puluhan anggota melancarkan kendaraan arus termasuk di area lokasi objek wisata juga di jaga demi memberikan keamanan untuk masyarakat.

Ramainya pengunjung tentunya diantisipasi dengan kehadiran personel Polri dilapangan, masyarakat pengunjung diajak mematuhinya, tanpa partisipasi masyarakat tidak akan terciptanya keamanan yang kondusif dan saling bersabar dan keselamatan anggota keluarga yang ikut berlibur.

Masyarakat bisa memanfaatkan Pos tersebut untuk kelancaran dalam mudik kali ini, tak itu saja masyarakat yang lelah dalam berkendara bisa istirahat di Pos dimaksud tentunya akan lebih aman, mengutamakan keselamatan dalam berkendara, lengkapi dengan memprogram dan tetap proses pakai masker untuk memutus mata rantai penyebaran Covid- 19.

Dan jaga keselamatan dalam perjalanan agar bisa berkumpul dengan keluarga tercinta.