Kebidanan Unand buka peluang kirim mahasiswa magang ke Jepang

id Universitas Andalas

Kebidanan Unand buka peluang kirim mahasiswa magang ke Jepang

Rombongan Fakultas Kedokteran Unand mengunjungi Prima Maternity Hospital. (Antara/HO-Pribadi).

Padang (ANTARA) - Departemen Kebidanan, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat (Sumbar) membuka peluang mengirimkan mahasiswa magangnya ke Jepang.

"Pada kunjungan kerja sama ke Osaka University beberapa waktu lalu, salah satu tempat layanan kesehatan bersedia menerima mahasiswa kebidanan Indonesia yang melaksanakan praktik kebidanan di Jepang," kata Kepala Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Unand Yulizawati melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Minggu.

Menurut Yulizawati, Bidan Murakami selaku pemilik Prima Maternity Hospital menyambut baik apabila ada mahasiswa magang di tempatnya untuk menambah wawasan, dan pengetahuan di pusat layanan kesehatan miliknya.

"Bidan Murakami menyatakan bersedia menerima mahasiswa kebidanan. Tujuannya agar para mahasiswa tersebut mendapatkan pengalaman dalam memberikan pelayanan kebidanan," jelas dia.

Dalam kunjungan kerja tersebut rombongan

Fakultas Kedokteran Unand terdiri dari Dekan Fakultas Kedokteran Prof Afriwardi, Wakil Dekan II Prof Hardisman, dan Ketua Departemen Kebidanan Yulizawati serta Prof Mie Shiraishi dari Osaka University, juga

melihat langsung pelayanan kebidanan yang dilakukan bidan praktik mandiri di Osaka.

"Praktik kebidanan mereka menerapkan filosofi kebidanan dan memberikan pelayanan prima kepada perempuan," kata dia.

Sementara itu, Bidan Murakami didampingi penerjemahnya Ms. Saki menjelaskan bentuk pelayanan kesehatan di Prima Maternity Hospital mulai dari masa sebelum kehamilan, kehamilan, persalinan, nifas hingga bayi baru lahir.

Pada kegiatan tersebut kedua pihak juga berdiskusi dan obeservasi terhadap pelayanan kebidanan yang dilakukan Bidan Murakami. Murakami juga menjelaskan tindakan yang dilakukan, pencatatan dan pendokumentasian digital layanan yang telah dilakukan pada ibu dan bayi serta sistem rujukan terhadap kasus patologis.

Untuk diketahui, rombongan Fakultas Kedokteran Unand mengunjungi Osaka University Jepang pada 23 hingga 27 Oktober 2023.