Unand targetkan jadi perguruan tinggi bertaraf internasional

id unand, universitas andalas,perguruan tinggi, kampus kelas dunia,berita pendidikan

Unand targetkan jadi perguruan tinggi bertaraf internasional

Rektor Unand Efa Yonnedi saat diwawancarai di Padang. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat menargetkan dalam lima tahun ke depan perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa itu menjadi kampus bertaraf internasional.

"Saya telah menggarisbawahi bawah dalam lima tahun ke depan, kita berharap Unand menjadi e learning institution atau sebuah pusat pembelajaran berkualitas tinggi, dan berstandar internasional," kata Rektor Unand Efa Yonnedi di Padang, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Rektor Unand di sela-sela pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di lingkungan perguruan tinggi itu.

Eks konsultan Bank Dunia itu mengatakan cita-cita menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional ditujukan untuk membekali setiap mahasiswa dengan mendapatkan pengalaman belajar yang berkelas dunia.

Tidak hanya itu, Efa Yonnedi juga menargetkan dalam lima tahun ke depan kampus yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI Ke-2 tersebut, menjadi lembaga riset dan lembaga yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat maupun pasar global.

"Unand akan menjadi pusat yang menghasilkan sumber daya manusia unggul dan inovasi serta mampu memecahkan masalah bangsa," ujarnya.

Di satu sisi, rektor mengatakan Unand akan tetap menjadi perguruan tinggi yang memiliki tanggung jawab sosial untuk memberikan solusi nyata terhadap persoalan masyarakat. Sebagai contoh, Unand memikirkan bagaimana memecahkan masalah stunting, penanganan kemiskinan, meningkatkan kelas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan lain sebagainya.

Untuk mencapai target-target tersebut, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan kampus serta aplikasi kewirausahaan sosial menjadi suatu keharusan.

"Ke depan, pengabdian Unand kepada masyarakat mesti lebih terstruktur, masif dan rapi kepada masyarakat," ucapnya.

Terakhir, ia menekankan di saat bersamaan perguruan tinggi negeri itu harus menjadi contoh dalam hal penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian masyarakat akan menjadikan Unand sebagai rujukan dalam hal penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.