Bukittinggi sukseskan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital bersama Kominfo RI

id Kominfo RI,Startup Digital di Kota Bukittinggi,Berita bukittinggi,Berita sumbar,Pemkot Bukittinggi

Bukittinggi sukseskan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital bersama Kominfo RI

Ratusan peserta dari akademisi dan pelaku UMKM bersama Pemkot Bukittinggi dan Kominfo RI dalam Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Starup Digital (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) bersama Pemerintah Kota Bukittinggi menggelar Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Kegiatan ini berlangsung di Balairung rumah dinas Wako, Sabtu.

Kegiatan ini diikuti 500 lebih peserta dari mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Kota Bukittinggi, serta pegiat UMKM di Kota Jam Gadang.

Head of Research & Development Startup Digital Kementerian Kominfo RI, Faizah menyampaikan Indonesia akan mengalami bonus demografi 2023 dan mempersiapkan diri menyongsong indonesia emas tahun 2045 dengan enduduk usia produkstif diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa.

"Dengan kondisi itu kita harus bisa memanfaatkan momentum agar tidak mengalami kemunduran demografi. Kita hrus menyadari bahwa sektor startup digital adalah pilar penting dalam membangun fondasi ekonomi yang tangguh dan dinamis untuk menyongsong Indonesia emas tahun 2045," kata dia.

Menurutnya, Startup merupakan usaha rintisan yang memanfaatkan teknologi digital. Gerakan nasional 1.000 startup digital adalah upaya bahu membahu pengerakan ekosistem startup digital indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

"Gerakan ini tidak hanya mencerminkan semangat kewirausahaan, tetapi juga merupakan langkah strategis ntuk memajukan ekonomi lokal agar bisa berkiprah di level global," katanya.

Sekretaris Kota Bukittinggi, Martias Wanto, menyampaikan pemerintah Kota Bukittinggi mendukung penuh Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Kota Bukittinggi. Melalui gerakan ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersinergi menyediakan fasilitas, pelatihan, dan sumber daya lainnya yang diperlukan agar Startup Digital dapat tumbuh dan berkembang.

Sesuai Visi dan Misi Kota Bukittinggi hebat dalam sektor ekonomi kerakyatan. Kerangka kerja ekonomi kerakyatkan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui startup digital berpotensi besar untuk mendukung pencapaian visi tersebut sehingga berdampak positif pada peningkatan kesejahterahan masyarakat.

"Kami melihat, dengan adanya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Bukittinggi, ini adalah momen bersejarah yang menandai komitmen kita untuk menjadi bagian dari perubahan menuju masa depan yang inovatif dan berkelanjutan," kata Martias Wanto.

Gerakan Nasional 1000 startup digital di Bukittinggi, menjadi peluang bagi generasi muda untuk berpartisipasi dalam membentuk wajah baru Bukittinggi yang penuh dengan kemajuan teknologi dalam mendorong ekonomi kerakyatan.

"Keterlibatan kita bersama, menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk Bukittinggi sebagai pusat inovasi ekonomi kerakyatan yang hebat, tangguh dan berdaya saing," pungkasnya.