Legislator Sumbar serahkan Alsintan bantu kesejahteraan petani

id Legislator Sumbar,Berita sumbar

Legislator Sumbar serahkan Alsintan bantu kesejahteraan petani

Kegiatan penyerahan bantuan pertanian alat dan mesin pertanian (Alsintan) di Kabupaten Agam (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk meningkatkan hasil tani dan membantu kesejahteraan kelompok tani di Kabupaten Agam.

Sebanyak delapan kelompok tani di Kabupaten Agam menerima bantuan Alsintan berupa Cultivator dari Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi, Rafdinal, Selasa.

"Bantuan ini merupakan aset bagi Kelompok Tani (Keltan) dan harus digunakan untuk kesejahteraan semua anggota Keltan," kata Rafdinal.

Penyerahan dilakukan di Kantor Laboratorium penguji mutu Alsintan UPTD BMSPP, Jalan Syech Djamil Djambek Landbouw Bukittinggi.

Selain Alsintan Cultivator, bantuan lain juga telah disebarkan berupa mesin pertanian khusus untuk sawah handtractor.

"Setelah ini kami segera menyalurkan puluhan mesin alat pemotongan rumput, semua untuk membantu petani meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil tani," katanya.

Bagian sarana dan prasarana Dinas Pertanian Agam, Ade Yusuf Thamrin mengungkapkan apresiasi dan terima kasih atas bantuan Alsintan ini dan berharap adanya bengkel Alsintan di Kabupaten Agam agar perawatannya menjadi lebih mudah.

"Kami menyarankan agar kelompok tani yang menerima bantuan selalu memperhatikan perawatan mesin, terutama dalam penggantian oli mesin," katanya.

Ia berharap bantuan tersebut akan membantu dalam proses pengolahan lahan kebun kelompok tani di Kabupaten Agam.

Kelompok tani yang menerima bantuan Alsintan di antaranya adalah Pili Sakato di Jorong Pahambatan Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Harapan Jorong Kotohilalang Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Milenial Jorong Kapalo Koto Nagari Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua

Kemudian Saiyo Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubuk Basuang, Kecamatan Lubuk Basung, Lurah Sakato Jorong Kotohilalang, Nagari Lambah, Kecamatan IV Angkek, Simpang Musajik Berjaya Jorong Cingkariang Nagari Cingkariang, Kecamatan Banuhampu.

Selanjutnya, Simpang IV Saiyo Jorong Simpang IV Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, dan Satampang Baniah Jorong Simpang IV Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua.