Pemko Solok dukung penuh keberangkatan pemuda disabilitas berprestasi menuju Korea Selatan

id berita solok,berita sumbar

Pemko Solok dukung penuh keberangkatan pemuda disabilitas berprestasi menuju Korea Selatan

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok Zul Elfian Umar melepas keberangkatan Firdaus (37), penyandang disabilitas asal Kota Solok menuju Korea Selatan dalam rangka benchmarking best practices aksesibilitas bagi disabilitas pada tanggal 23 Oktober-1 November 2023.

Firdaus baru saja menjadi pemenang kompetisi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional bagi disabilitas yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) beberapa waktu lalu. Firdaus menyabet juara 1 pada bidang lomba Public Relation.

Pelepasan keberangkatan Firdaus ke luar negeri oleh pimpinan daerah tersebut dilakukan di Dinas Kominfo kompleks Balai Kota Solok, Jumat (20/10) pagi.

“Selamat kita ucapkan kepada Firdaus, sebagai warga Kota Solok merasa bangga dan mengapresiasi dengan prestasi yang diraih oleh Firdaus sebagai pemenang kompetisi tingkat nasional, sehingga mendapatkan kesempatan untuk berangkat benchmarking ke Korea Selatan pada awal minggu depan,” ucap Wako Zul Elfian.

Menurut Wako, keberhasilan Firdaus ini tentu saja membawa nama baik Sumbar khususnya Kota Solok. Firdaus mengajarkan kita untuk terus berprestasi walaupun dengan keterbatasan mampu berkarya

Walikota pun berpesan kepada Firdaus agar memanfaatkan kesempatan kunjungan ke Korea Selatan, untuk mengambil ilmu sebanyak-banyaknya, dan dibawa pulang ke Tanah Air untuk berkarya dan menyebar motivasi kepada orang banyak.

“Kita juga ucapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang telah memfasilitasi Firdaus untuk mengikuti program ini. Pemerintah Kota Solok sangat mendukung akan kegiatan yang dilakukan,” ucap Walikota Zul Elfian, yang didampingi oleh Wakil Walikota Ramadhani Kirana dan Kepala Dinas Kominfo Heppy Dharmawan, dan Kepala Dinas Sosial Zulfadli.

Firdaus yang beralamat di Kelurahan Kampung Jawa mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya dapat terpilih bersama perwakilan lain di Indonesia mengikuti program Kementerian Kominfo ke luar negeri.

Untuk persiapan keberangkatan, dirinya terus berlatih untuk mengasah kemampuannya dalam bidang public relation. Selama ini Firduas mempelajari skill public relation secara otodidak melalui media youtube.

Ia juga mengungkapkan hadiah yang diterima sebagai juara satu tingkat nasional sebesar Rp15 juta dan diberikan piagam penghargaan.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan, Pemerintah Kota Solok memberikan tambahan uang saku selama di Korea Selatan sebesar Rp3 juta yang diserahkan langsung oleh Wawako Ramadhani.

Sebelum diterbangkan ke Korea Selatan, Firdaus bersama 12 orang disabiltas berprestasi lainnya terlebih dahulu ke Jakarta untuk mendapakan pembekalan. Selain Firdaus, pada program ini Sumatera Barat diwakili oleh dua orang peserta, Azhari, penyandang disabilitas dari Kabupaten Agam yang menjadi pemenang Bidang Digital Marketing.