Pemkab Agam usulkan akreditasi empat perpustakaan sekolah ke Perpustakaan Nasional

id Pemkab Agam ,Berita agam,Berita sumbar

Pemkab Agam usulkan akreditasi empat perpustakaan sekolah ke Perpustakaan Nasional

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam Roza Linda. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengusulkan akreditasi bagi empat perpustakaan sekolah ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 2023, dalam pengakuan formal dari lembaga itu.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam Roza Linda di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan ke empat perpustakaan yang diusulkan itu yakni, Perpustakaan SDN 03 Koto Tangah, Perpustakaan SDN 13 Guguak Randah, Perpustakaan SDN 08 Tabek Panjang dan Perpustakaan SDN 21 Taluak.

"Ke empat perpustakaan itu telah kita usulkan untuk proses akreditasi ke Perpustakaan Nasional dan berharap perpustakaan sekolah ini keluar," katanya.

Ia menambahkan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam mengusulkan untuk dinilai bagi perpustakaan sekolah yang sudah memenuhi standar nasional.

Sebelumnya, Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam telah melakukan pembinaan bagi pustaka tersebut.

"Kita telah turun ke sekolah untuk melakukan pembinaan bagi perpustakaan sekolah baik tingkat SD, SM dan lainnya," katanya.

Ia mengakui, sudah 13 sekolah di Agam yang telah mengantongi akreditasi. Ke 13 sekolah itu berasal dari tingkat SD enam unit dan SMP tujuh unit.

Akreditasi perpustakaan sekolah itu dalam rangka meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatannya.

Perpustakaan sekolah berguna untuk menunjang proses belajar baik itu siswa yang berada di sekolah dasar atau sekolah lanjutan, dengan menyediakan koleksi buku-buku pelajaran atau bacaan yang dapat menunjang proses pembelajaran.

"Ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kebiasaan membaca bagi siswa," katanya.

Ket foto

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam Roza Linda. Dok Antara/Yusrizal