1.419 KK miskin di Payakumbuh jadi calon penerima bantuan usaha ekonomi produktif

id bantuan usaha ekonomi produktif payakumbuh,berita payakumbuh,berita sumbar,stunting payakumbuh

1.419 KK miskin di Payakumbuh jadi calon penerima bantuan usaha ekonomi produktif

Pj Wako Payakumbuh Jasman bersama Sekda Payakumbuh Rida Ananda. Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Sebanyak 1.419 Kartu Keluarga (KK) miskin di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menjadi calon penerima bantuan usaha ekonomi produktif yang berasal dari dana insentif fiskal yang didapatkan Payakumbuh dari Kementerian Keuangan.

"Alhamdulillah berkat prestasi Kota Payakumbuh dalam mengendalikan inflasi dan menekan angka kemiskinan, kita mendapat reward dana insentif fiskal dia kali. Pertama sebesar Rp9,1 Miliar dan Kedua sebesar Rp6,7 Miliar," kata Sekda Payakumbuh Rida Ananda di Payakumbuh, Kamis (12/10).

Ia mengatakan dana insentif fiskal tersebut dipergunakan untuk empat hal yakni penanganan kemiskinan, pengendalian inflasi, penanganan stunting dan investasi.

"Untuk penanganan kemiskinan dialokasikan sebesar Rp5,185 Miliar dan diperuntukkan dalam bentuk bantuan usaha ekonomi produktif bagi KK miskin ekstrem dan KK miskin yang ada dalam data P3KE dan memiliki ID DTKS," katanya.

Ia mengatakan total calon penerima bantuan 1.419 KK yang terdiri dari 1.383 KK miskin dan 36 KK miskin ekstrem. Untuk KK miskin alokasi bantuan sebesar Rp3,5 juta per KK miskin dan Rp6 juta untuk KK Miskin Ekstrem.

"Karena besarnya dana yang akan diberikan, seizin pimpinan saya sebagai Sekda akan langsung turun mengawal dan melakukan pendampingan assessment ke kelurahan-kelurahan, memastikan bahwa dana tersebut tepat sasaran," katanya.

Ia mengatakan akan langsung turun monitoring verifikasi validasi dan assesmen langsung ke kelurahan-kelurahan bertemu langsung dengan KK calon penerima Bansos dan juga tokoh masyarakat setempat.

"Proses monitoring akan dilakukan secara maraton ke 47 Kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh. Kita juga meminta lurah melibatkan tokoh masyarakat untuk turut menilai kelayakan data penerima," ujarnya

Rida mengimbau agar camat, lurah serta tim verval bersama Dinas Sosial dapar menjalankan dan mengawal proses penyaluran bantuan sosial ini.

"Kami juga meminta agar pasca penyaluran bantuan, OPD terkait turut serta melakukan pembinaan usaha sesuai dengan jenis pilihan usaha yang dilakukan oleh KK miskin penerima bantuan usaha," katanya.

Dia berharap agar bantuan yang diserahkan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota Payakumbuh bagi keluarga miskin serta miskin ekstrem.

"Harapan kami sebagai Pemerintah Kota Payakumbuh nantinya di Kota Randang ini tidak ada lagi KK yang tergolong miskin ekstrem," ungkapnya.