Bupati Solok serahkan bantuan alat usaha untuk para pelaku UMKM

id Bupati Solok, serahkan bantuan, alat usaha, untuk tingkatkan perekonomian, pelaku UMKM

Bupati Solok serahkan bantuan alat usaha untuk para pelaku UMKM

Bupati Solok Epyardi Asda saat foto bersama usai menyerahkan bantuan alat usaha untuk tingkatkan perekonomian pelaku UMKMĀ di daerah setempat (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda menyerahkan bantuan berupa alat usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah itu untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok Ahpi Gusta Tusri di Solok, Minggu mengatakan penyerahan bantuan alat usaha kepada pelaku UMKM ini adalah bentuk nyata kepedulian pemerintah Kabupaten Solok kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha.

Selain itu, penyerahan bantuan tersebut juga dalam rangka mewujudkan visi pembangunan tahun 2021/2026 di Kabupaten Solok, yakni mambangkik (membangkit) batang tarandam (terendam) menjadikan Kabupaten Solok sebagai Kabupaten terbaik di Sumatera Barat.

"Di mana pada misi ketiga meningkatkan perekonomian masyarakat di sektor pertanian, UMKM, perdagangan dan pariwisata. Untuk itu, pada hari ini dilaksanakan penyerahan bantuan UMKM/IKM se-Kabupaten Solok," katanya.

Ia menyebutkan jumlah bantuan yang diserahkan, yaitu sebanyak 1.982 peralatan usaha yang terdiri atas alat cetak kerupuk ubi, panci kukus, panci aluminium, peralatan bor, kompor gas, gerinda tangan, kuali besar, martil logam, etalase makanan serta gerobak dorong.

Pemberian bantuan tersebut juga bertujuan mengembangkan potensi usaha mikro yang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat serta perekonomian daerah.

Di samping itu, Bupati Solok Epyardi Asda sangat mendukung langkah yang telah diambil oleh Dinas Koperindag (DKUKMPP) dalam rangka mendukung peningkatan ekonomi pelaku UMKM melalui penyerahan bantuan berupa alat usaha.

"Dengan demikian masyarakat dapat secara mandiri mengembangkan usaha dan bisnisnya sehingga berpotensi meningkatkan perekonomian, jika perekonomian kita bagus maka Kabupaten Solok akan menjadi daerah yang betul-betul makmur," ucap dia.

Ia berharap kepada seluruh pelaku UMKM yang menerima bantuan peralatan usaha semoga dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang usaha dan meningkatkan perekonomian.

Epyardi berharap barang atau peralatan yang diamanahkan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kinerja para pelaku UMKM dan IKM agar tumbuh lebih baik dan naik kelas.

"Alhamdulillah semenjak kepemimpinan kita bersama Solok Super Team saat ini sektor UMKM, industri dan perdagangan di Kabupaten Solok sudah lebih diperhatikan," katanya.

Ia juga mengatakan jika ada dari pelaku usaha itu yang menghasilkan produk berkualitas dan bagus maka pemerintah daerah siap membantu pemasarannya ke pasar yang lebih besar sehingga sedikit demi sedikit perekonomian akan terus meningkat.

Bupati Solok lakukan penyerahan secara simbolis Bantuan Peralatan Usaha bagi Pelaku UMKM/IKM di Kabupaten Solok.