Prodi Kebidanan Unand ikuti monev PKM pengabdian masyarakat

id Universitas Andalas, pkm unand

Prodi Kebidanan Unand ikuti monev PKM pengabdian masyarakat

Program Studi (Prodi) S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) mengikuti kegiatan monitoring dan evaluasi program kreativitas mahasiswa (PKM) pengabdian masyarakat. (ANTARA/HO-Humas FK Unand).

Padang (ANTARA) - Program Studi (Prodi) S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) mengikuti kegiatan monitoring dan evaluasi program kreativitas mahasiswa (PKM) pengabdian masyarakat.

"Sebagai bagian dari tanggung jawab moral, mahasiswa mengambil peran untuk membantu masyarakat," kata dosen pembimbing PKM pengabdian masyarakat Prodi Kebidanan Fakultas Kedokteran Unand Yulizawati di Padang, Senin.

Yulizawati mengatakan pada 8 September 2023 dilakukan persiapan monitor dan evaluasi bersama Dr. Rahmadi kurnia. Dalam pertemuan via zoom tersebut menekankan setiap kegiatan membutuhkan monev. Tujuannya, agar dosen pembimbing bisa memfasilitasi konsultasi guna membahas perkembangan kegiatan tim PKM pengabdian masyarakat di TPQ Al-wasilah Padang.

Pada bagian profil mitra ditekankan bahwa marawis sudah menjadi kebiasaan dari anak-anak di TPQ Al-wasilah Padang. Selanjutnya, pada bagian rumusan masalah evaluasi dijelaskan secara rinci tentang jawaban dari rumusan masalah kegiatan PKM pengabdian masyarakat.

"Bagaimana cara mengukur keefektifannya, mengukur antusias dari mitra, dan mengukur perubahan pengetahuan dan perilaku dari anak-anak tersebut, maka tampilkan hasilnya seperti grafik atau sebagainya," kata dia.

Program PKM adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi dengan tujuan jangka panjang bisa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional. Termasuk menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian.

Ia menambahkan salah satu langkah yang harus dilalui mahasiswa yang ingin masuk pekan ilmiah mahasiswa nasional (Pimnas) yakni wajib lulus penilaian kemajuan pelaksanaan PKM (PKP2).

Dalam menunjang kesiapan mahasiswa menghadapi PKP2 perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa tersebut telah mengadakan monev pada Sabtu (9/9).

Reviewer/tim penilai saat monev pertama berasal dari internal atau dosen Unand yang berpengalaman dalam PKM sesuai bidangnya.

Monev pertama difokuskan pada penilaian logbook kegiatan, logbook keuangan, media sosial, kesiapan slide dalam mengahadapi PKP2 mendatang. Monev pertama yang disampaikan terkait dengan perkembangan kegiatan PKM yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan bentuk luaran selama 10 menit.