Gubernur targetkan kontingen Sumbar masuk 10 besar Popnas 2023

id Popnas 2023,sumbar

Gubernur targetkan kontingen Sumbar masuk 10 besar Popnas 2023

Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi menargetkan kontingen yang dikirimkan dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke-XVI di Sumatera Selatan bisa meraih prestasi terbaik, minimal masuk 10 besar.

"Seluruh atlet harus berjuang semaksimal mungkin untuk meraih prestasi, setidaknya sama dengan POPNAS sebelumnya yang masuk 10 besar," katanya di Padang, Senin.

Ia mengatakan agar target itu bisa terpenuhi, selama POPNAS berlangsung atlet diminta untuk menjaga kesehatan sehingga bisa bertanding dengan maksimal.

"Maksimalkan semua potensi yang sudah dilatih selama ini dan fokus untuk meraih prestasi," katanya.

Selain itu ia juga mengingatkan bahwa atlet yang bertanding tidak hanya membawa nama pribadi tetapi juga membawa nama daerah, karena itu harus bisa menjaga nama baik Sumbar selama bertanding.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon menjelaskan BAPOPSI Pusat telah menetapkan sebanyak 22 caabor yang dipertandingkan tahun 2023.

Namun karena keterbatasan anggaran, Sumbar hanya mengirimkan atlet untuk mengikuti 19 cabang olahraga. Dari 19 cabor itu, dua diantaranya berangkat dengan dana swadaya yaitu cabor sepak bola dan bulu tangkis.

Ia menyebut total atlet pelatih dan official Sumbar yang mengikuti POPNAS sebanyak 296. Terdiri dari atlet dan pelatih sebanyak 276 orang, 80 orang diantaranya berangkat dengan dana APBD. Sementara 196 orang berangkat secara mandiri.

Sedikitnya jumlah kongtingen yang bisa difasilitasi melalui APBD karena keterbatasan anggaran yang ada di Dinas Pemuda dan Olahrga Sumbar.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi pihak-pihak yang memberikan dukungan sehingga cabor sepak bola dan bulu tangkis bisa ikut berkompetisi," katanya.

Cabor yang diikuti kontingen Sumbar pada Popnas 2023 diantaranya angkat besi, atletik, balap sepeda, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, taekwondo, tinju, wushu, sepakbola dan bulu tangkis.*