Pawai alegoris HUT RI di Agam tampilkan kebudayaan

id Pawai alegoris HUT RI di Agam,Berita agam,Berita sumbar

Pawai alegoris HUT RI di Agam tampilkan kebudayaan

Peserta pawai alegoris di Kabupaten Agam sedang memakai baju adat Minangkabau, Sabtu (19/8). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Peserta pawai alegoris dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun yang diadakan Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menampilkan kebudayaan dan memakai pakaian adat Minangkabau, Sabtu (19/8).

Bupati Agam Andri Warman beserta Forkopimda, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, peserta pawai dan lainnya terlihat menggunakan pakaian adat Minangkabau.

"Pakaian adat digunakan bupati, undangan, peserta dan lainnya sengaja untuk edukasi generasi muda di daerah itu, sehingga mereka mengetahui kesenian dan pakaian adat Minangkabau," kata Koordinasi Pawai Alegoris Handria Asmi di Lubuk Basung, Sabtu.

Ia mengatakan, Bupati Agam Andri Warman dan Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat memakai baju ninik mamak atau tokoh adat di Minangkabau.

Sementara Ketua TP PKK Agam Ny Yeni Andri Warman beserta beberapa undangan dari Ibu-ibu memakai baju bundo kanduang atau pakaian perempuan di Minangkabau.

"Khusus untuk peserta yang berasal dari pelajaran mulai dari tingkat PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK dan MA menggunakan pakaian pengantin. Peserta juga memainkan tambua tansa atau alat musik tradisional, tari piriang dan lainnya," katanya yang juga Kepala Dinas Perhubungan Agam.

Ia mengakui, pawai alegoris diikuti sebanyak 320 kelompok yang berasal dari pelajar, komunitas, organisasi perangkat daerah dan lainnya.

Pawai alegoris yang diadakan setiap tahunnya itu di saksikan oleh ribuan masyarakat di sepanjang rute yang dilalui.

"Di lokasi juga terlihat para pedagang dan kegiatan ini meningkatkan pendapatan dari para pedagang," katanya.

Sementara Bupati Agam Andri Warman menambahkan kenapa menggunakan pakaian adat karena ini lambang di Minangkabau dan sesuai falsafah budaya Minangkabau dalam Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah

"Ini suatu hal yang membanggakan bagi kita dengan berpakaian adat tersebut," katanya.

Ia mengakui, animo masyarakat untuk ikut dan melihat pawai alegoris tersebut cukup tinggi.

Dengan adanya pawai ini, mudah-mudahan Agam lebih maju lagi, sinergi lebih baik dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

"Sabtu (18/8) malam, kegiatan dalam rangka HUT RI ke 78 bakal berakhir dengan nonton bersama Film By Hamka di Gor Rang Agam. Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan ini, maka masyarakat, aparatur sipil negara dan lainnya kembali menjalankan aktivitas dan jangan terlena dengan kegiatan ini," katanya.