Mahasiswa KKN Unand edukasi siswa Kinali Pasaman Barat tentang kesehatan

id Mahasiswa KKN Unand,berita pasbar,berita unand,kkn pasbar,kkn unand

Mahasiswa KKN Unand edukasi siswa Kinali Pasaman Barat tentang kesehatan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Andalas Padang usai memberikan edukasi kesehatan kepada siswa SD di Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (18/8/2023). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Andalas Padang memberikan edukasi kesehatan kepada siswa dan guru di SD 24 Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Jumat.

"Edukasinya terkait dengan pola hidup bersih dan sehat serta etika batuk dan bersin," kata salah seorang mahasiswa Unand Padang jurusan Gizi Angia Hakami Ausa yang memberikan materi tentang pola hidip bersih dan sehat di Kinali, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan itu berupa edukasi kesehatan dengan tema terapkan pola hidup bersih dan sehat, demi prestasi meningkat.

Ia menjelaskan kepada siswa bagaimana pola hidup bersih dan sehat melalui cuci tangan dengan benar serta bagaimana etika ketika bersin dan batuk.

"Edukasi ini diadakan karena melihat anak-anak masih kurang kesadaran dan pemahaman bahaya penularan penyakit dari berbagai macam sumber," katanya.

Mahasiswa lainnya Farhan Mantovani dari jurusan kesehatan masyarakat dan Putri Khairani dari jurusan kebidanan memberikan materi tentang cuci tangan pakai sabun dan langkah-langkah cuci tangan pakai sabun.

Menurut Putri untuk melakukan pola hidup sehat harus mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

"Cuci tangannya mulai dari telapak telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, ibu jari dan kuku dibilas sampai bersih," sebutnya.

Selain pemaparan materi juga penampilan lagu tentang 6 langkah mencuci tangan yang dikoreografikan oleh mahasiswa KKN Nagari Kinali Unand serta pemberian reward kepada pemenang kuis.

"Harapannya edukasi kesehatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak-anak kelas 1-3 SD Negeri 24 Kinali mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri, kalau bukan dari diri kita sendiri yang memulai siapa lagi" kata Farhan Mantovani.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada siswa dan guru dalam menjalankan pola hidup bersih dan sehat.