Mahasiswa KKN PPM Unand Padang bekali siswa SMA N Kinali buat konten kreatif bermedia sosial

id Mahasiswa KKN PPM Unand Padang,berita pasbar,berita sumbar,SMA N Kinali

Mahasiswa KKN PPM Unand Padang bekali siswa SMA N Kinali buat konten kreatif bermedia sosial

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat usai memberikan pelatihan membuat konten kreatif dalam bermedia sosial bagi siswa SMAN 1 Kinali agar bermanfaat bagi orang banyak, Rabu (16/8/2023). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat memberikan pelatihan membuat konten kreatif dalam bermedia sosial bagi siswa SMAN 1 Kinali agar bermanfaat bagi orang banyak.

Salah seorang nara sumber pelatihan dari mahasiswa Unand Padang Aini Rahma di Kinali, Rabu, mengatakan para siswa perlu dibekali pengetahuan dalam membuat ide kreatif dalam bermedia sosial.

"Kami berbagi ilmu tentang konten kreatif terutama persoalan etika dalam bermedia sosial," kata mahasiswa jurusan Teknik Komputer ini.

Menurutnya melalui workshop itu dapat menggunakan media sosial yang baik dan benar sesuai dengan etika dalam bermedia sosial serta dapat membuat konten kreatif yang menarik dan bermanfaat.

"Ada sekitar 61 orang peserta mengikuti kegiatan ini. Siswa perlu dibekali karena mereka sangat melek dengan teknologi terutama media sosial," ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan suatu workshop how to create creative content. Bagaimana cara membuat konten yang kreatif yang diadakan oleh mahasiswa KKN PPM Unand di Nagari Kinali.

Kegiatan ini membahas tentang desain grafis, copy writing, serta bagaimana menggunakan media sosial dengan baik dan benar.

Ia menyebutkan desain grafis merupakan proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual dan desain komunikasi. Sedangkan copywriting adalah proses penulisan materi promosi dan pemasaran persuasif yang mampu membuat para pembaca termotivasi untuk melakukan suatu tindakan (action).

Ia menekankan setiap tindakan yang dilakukan di sosial media ada etikanya.

"Tiga poin penting yang harus diperhatikan ketika akan mengupload konten yaitu akurasi, privasi, dan property. Dimana properti adalah mencantumkan sumber dari karya yg diambil," ujarnya.

Mahasiswa lainnya dari Ilmi Komunikasi Agmad Rizaldi yang memberikan materi pembuatan konten menggunakan canva mengharapkan melalui kegiatan ini diharapkan para siswa apat menggunakan media sosial yang baik dan benar sesuai dengan etika dalam bermedia sosial serta dapat membuat konten kreatif yang menarik dan bermanfaat untuk orang banyak.

Kegiatan itu juga menghadirkan nara sumber dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Dwi Tania Lutri Khaldy dengan materi tentang copywritting. ***3***