Bumnag Sumber Baru Pasaman Barat raih prestasi tingkat Sumbar budidaya maggot

id Bumnag Sumber ,berita pasbar,berita sumbar,budidaya maggot pasbar

Bumnag Sumber Baru Pasaman Barat raih prestasi tingkat Sumbar budidaya maggot

adan Usaha Milik Nagari atau Desa Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meraih juara tiga lomba budidaya maggot tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023. (Antara/HO-Bumnag Sumber Baru).

Simpang Empat (ANTARA) - Badan Usaha Milik Nagari atau Desa Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meraih juara tiga lomba budidaya maggot tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023.

"Berkat usaha bersama Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) yang bernama Sumber Baru meraih prestasi tingkat provinsi. Ini menjadi motivasi bagi kami semua agar lebih baik lagi," kata Direktur Bumnag Sumber Baru Saikul Ikhwan didampingi Sekretaris Febriyaldi dan pengelola unit usaha budidaya Maggot Riski Fauzi di Simpang Empat, Jumat.

Menurut Saikul Ikhwan dengan prestasi ini diharapkan kedepannya Bumnag Sumber Baru bisa fokus mengembangkan Budidaya maggot untuk mengurai sampah organik baik yang dihasilkan oleh pasar maupun sampah rumah tangga dari masyarakat.

"Kedepannya sampah-sampah tersebut akan menjadi berkah bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat nagari. Selama ini sampah terbuang, saat ini kita manfaatkan," katanya.

Ia mengharapkan dukungan pemerintahan nagari, kecamatan dan Pemkab Pasaman Barat dalam melengkapi dan fasilitas peralatan untuk pengelolaan sampah.

Sebelumnya Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Pasaman Barat Randy Hendrawan mengatakan dengan adanya budidaya maggot dapat mengurangi sampah karena maggot dalam prosesnya akan memakan sampah organik yang akan sangat membantu secara signifikan kebersihan lingkungan.

Selain itu, budidaya maggot ini juga dapat meningkatkan pendapatan dan terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

Ia menjelaskan budidaya Maggot juga salah satu upaya pemulihan ekonomi dengan memanfaatkan sampah dan limbah organik yang dapat dijadikan sebagai bahan baku pangan ikan, ayam atau sejenisnya.

"Sekaligus ini menghemat biaya pakan yang tidak murah. Selain itu, maggot juga bisa menjadi solusi untuk pupuk pertanian maupun pangan ikan dan lainnya," Katanya.

Harganya juga lebih murah dibanding sumber protein lainnya, dengan demikian dapat menekan biaya pakan dalam industri peternakan.