Sambangi Polres Padang Pariaman, PLN sampaikan produk dan layanan kelistrikan

id PLN, sosialisasi, Listrik, Polres, Pariaman

Sambangi Polres Padang Pariaman, PLN sampaikan produk dan layanan kelistrikan

Tim PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang sambangi markas Polres Padang Pariaman sosialisasi program kelistrikan. (ANTARA/HO-PLN)

Pariaman (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang sambangi markas Polres Padang Pariaman, berikan sosialisasi beberapa layanan dan produk PLN, Jumat (11/8).

PLN diantaranya sampaikan mengenai manfaat listrik prabayar, aplikasi PLN Mobile, dan Program Gebyar Kemerdekaan 2023 kepada anggota Polri yang hadir pagi itu.

Puluhan anggota Polri simak sosialisasi PLN yang diadakan di Aula Polres Padang Pariaman Kecamatan Parit Malintang, Padang Pariaman. Sebagai institusi pelayanan masyarakat, Polres mengakui perlu bagi Polri untuk mengetahui produk dan layanan PLN, untuk meneruskan informasi yang benar kepada masyarakat ataupun sebagai peluang untuk melayani masyarakat bersama PLN.

Hal ini seperti disampaikan Waka Polres Padang Pariaman Kompol Armijon. ‘’Sebagai sesama instansi pelayanan masyarakat, kami menyambut baik PLN untuk saling bertukar informasi. Sehingga kita bisa menyampaikan informasi yang benar jika masyarakat memerlukan informasi tentang PLN. Sebagaimana yang kita ketahui, pelanggan sering menghadap kepolisian untuk berbagai jenis pengaduan, tidak luput pula pengaduan terkait kelistrikan,’’ terangnya.

Kepada puluhan peserta sosialisasi, PLN menyampaikan bahwa Aplikasi PLN Mobile telah mengakomodir berbagai kemudahan layanan kelistrikan untuk masyarakat. Mengadopsi era digitalisasi, PLN berupaya memudahkan pelanggan melalui layanan digital yang dapat diakses melalui PLN Mobile.

Disampaikan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang Yusuf Hadiyanto, aplikasi PLN Mobile merupakan transformasi pelayanan PLN untuk memudahkan pelanggan mendapatkan layanan kelistrikan dalam satu genggaman. Konsisten ingin memudahkan pelanggan, maka aplikasi ini didesain se-user friendlu mungkin.

‘’PLN Mobile sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran rekening atau pembelian token, permohonan pasang baru, perubahan daya, penerangan ekstra, dan lain sebagainya. Ada pula informasi-informasi kelistrikan, seperti promo kelistrikan maupun berita-berita terkini tentang kelistrikan hingga “Marketplace”; tempat berkumpulnya UMKM binaan PLN di seluruh Indonesia,’’ sampai Yusuf kemudian.

Untuk memudahkan pelanggan melaporkan gangguan atau keluhan, lanjut Yusuf, telah ada Fitur Gangguan. Fitur ini terintegrasi dengan command center dan Yantek Mobile PLN sehingga laporan pelanggan dipastikan ditindak cepat dan tuntas.

Tak lupa Yusuf menyampaikan mengenai persembahan program terbaru PLN yang hadir untuk memeriahkan HUT RI ke-78, yaitu Program Gebyar Kemerdekaan 2023. Melalui program ini, pelanggan dapat melakukan penambahan daya dengan harga spesial Rp.170.845,-. Transaksi dapat dilakukan di PLN Mobile pada fitur “Ubah Daya dan Migrasi” setelah berbelanja minimal Rp.78 Ribu pada Fitur “Marketplace.

‘’Setelah berbelanja, pelanggan akan mendapatkan 1 kode voucher, kode voucher inilah yang digunakan untuk tambah daya dengan harga spesial Rp.170.845,-. Jadi belanjanya dapat, tambah dayanya murahnya juga dapat. UMKM semakin maju, pelanggan semakin bahagia,’’ terang Yusuf.

Gebyar Kemerdekaan 2023 dapat dinikmati oleh pelanggan semua golongan tarif mulai dari daya 450 VA dan daya akhir maksimal adalah 5.500 VA. Melalui program ini, sampai Yusuf, PLN ingin lebih banyak pelanggan merdeka berlistrik di Hari Kemerdekaan RI ke-78.

PLN UP3 Padang kemudian pun sampaikan mengenai kWh (Meteran) Prabayar kepada seluruh peserta sosialisasi. Listrik Prabayar merupakan produk meteran PLN dengan desain digitalisasai khusus yang dijuluki listrik pintar. Melalui meteran jenis ini pelanggan dapat mengontrol penggunaan listrik dari awal pengisian token sesuai kebutuhan. Pelanggan pun dapat menyesuaikan penggunaan listrik dengan budget bulanan, terhindar dari biaya keterlambatan yang dibebankan kepada pelanggan pascabayar yang terlambat membayar rekening listrik, hingga penagihan dan pemutusan meteran oleh petugas.

Yusuf berharap, kesatuan Polri di Polres Padang Pariaman, dapat menjadi perpanjangan tangan PLN untuk menginformasikan kepada pelanggan keunggulan meteran prabayar. ‘’Kesimpangsiuran informasi mengenai meteran prabayar seringkali menyulitkan PLN untuk mensosialisasikan produk ini. Padahal semua produk PLN adalah untuk pelayanan kelistrikan terbaik,’’ lanjut Yusuf.*