Padang juara satu lomba pemasaran pariwisata Kemenparekraf

id Dinas Pariwisata Padang,Hendri Sapta ,APPI 2023,Kemenparekraf

Padang juara satu lomba pemasaran pariwisata Kemenparekraf

Pemandangan kawasan Pantai Padang sebagai salah sayu destinasi wisata unggulan yang ada di Kota Padang. ANTARA/IGGOY EL FITRA

Padang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi juara satu lomba video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dalam program Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia 2023 yang diumumkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI pada 10 Juli 2023.

"Alhamdulillah Padang berhasil menjadi juara satu pada Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) pada tema kuliner, ini wujud dari komitmen kami dalam memajukan pariwisata Padang," kata Kepala Dinas Pariwisata Padang Yudi Inxdra Syani dihubungi dari Padang, Rabu.

Ia mengatakan dalam lomba tersebut video yang diproduksi Kota Padang melalui Dinas Pariwisata berhasil mengungguli dinas pariwisata lain dari berbagai kabupaten serta kota di Indonesia.

"Prestasi ini menjadi motivasi bagi Pemkot Padang khususnya dinas pariwisata agar terus meningkatkan pelayanan serta kinerja ke depan, serta berperan aktif dalam even-even pemajuan pariwisata daerah," jelasnya

Ia menjelaskan video tema kuliner yang berhasil menjadi juara satu berjudul "Taste Of Padang" yang sudha diunggah di kanal youtube Pesona Indonesia.

Dalam video yang digarap selama sepekan tersebut Pemkot menyajikan berbagai menu kuliner di Padang mulai dari rendang, lamang tapai, lapek bugih, kue sapik, dan lainnya yang dikemas dalam editing serta pengambilan video menarik.

Untuk diketahui lomba video kreatif Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) antar dinas pariwisata daerah se-Indonesia adalah bagian dari program Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) yang diselenggarakan Kemenparekraf RI.

Program tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan target pergerakan wisatawan nusantara yang telah dicanangkan sebanyak 1,2 hingga 1,4 miliar perjalanan pada 2023.

Lomba digelar secara periodek dalam empat bulan terakhir mulai dari Maret hingga Juni, diikuti oleh 38 dinas pariwisata provinsi dan 514 dinas pariwisata kabupaten atau kota.

Selama rangkaian itu Padang berhasil menorehkan tiga prestasi yakni juara satu tema kuliner pada Juni, juara satu tema destinasi wisata pada Maret, dan juara dua tema even daerah pada April.

Penghargaan pemenang akan diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno saat malam puncak APPI 2023 yang digelar di Jakarta pada Senin 17 Juli 2023.

"Penghargaan nantinya akan diterima oleh Wali Kota Padang Hendri Sapta sebagai wali kota yang mendukung kegiatan promosi wisata daerah secara maksimal," jelasnya.