Pemkot Solok raih penghargaan adiwiyata dan properda tingkat provinsi

id Pemkot Solok, raih penghargaan, adiwiyata dan properda, tingkat provinsi,Pemkot Solok raih penghargaan adiwiyata,penghar,solok

Pemkot Solok raih penghargaan adiwiyata dan properda tingkat provinsi

Ilustrasi foto Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat menerima penghargaan dari BNNK Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Prokomp Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup meraih penghargaan Peringkat Biru PROPERDA untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Natsir serta Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Permata Bunda.

"Alhamdulillah kita juga mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi yang diraih oleh SDN 13 Simpang Rumbio dan SDN 06 Tanah Garam," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edrizal di Solok, Senin.

Edrizal mengapresiasi peserta yang telah berhasil meraih penghargaan pada kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dua SD dianugerahi penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi," ucap dia.

Tentunya penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk menerapkan perilaku ramah lingkungan.

"Sesuai dengan tema peringatan HLH sedunia ini kami mengimbau masyarakat Kota Solok untuk mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Ia juga berharap agar penghargaan ini dapat mendorong semua lapisan masyarakat untuk semakin peduli dengan sampah yang ada di sekitar. Mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah yang ada di lingkungan sekitar.

“Kepedulian itu untuk mengurangi sampah plastik yang semakin hari bertambah banyak," ujar dia.

Untuk mengurangi sampah plastik, pemerintah melakukan berbagai upaya dari hulu hingga hilir untuk mengatasi bahkan dapat mengurangi sampah plastik.

Saat ini pemerintah terus mengupayakan berbagai cara mengurangi sampah plastik, yakni penggunaan kantong belanja selain bahan dasar plastik dan melalui program penjualan sampah plastik.

Sesuai dengan tagline hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, yaitu “Solusi untuk Polusi Plastik” seperti di Kota Solok telah ada program “Nabung Sarok” yang bekerja sama dengan PT. Semen Padang, masyarakat bisa mengumpulkan sampah plastik untuk mendapatkan poin melalui program ” Nabung Sarok” tersebut.” ***3***