Sandiaga: subsektor musik sumbang kontribusi nyaris Rp6 triliun

id Sandiaga Uno

Sandiaga: subsektor musik sumbang kontribusi nyaris Rp6 triliun

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat menghadiri peresmian kantor pusat Sony Music Entertainment Indonesia (SMEI) di CIBIS Park Jakarta, Senin (19/6). (ANTARA/Ahmad Faishal)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa subsektor musik berhasil memberikan kontribusi sebesar hampir Rp6 triliun dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional tahun 2020.

Angka tersebut terus beranjak tumbuh semakin positif sampai tahun 2022, sehingga Pemerintah memproyeksikan PDB subsektor musik dapat melampaui angka Rp7 triliun pada tahun ini.

"Kami ingin musik menjadi bagian terpenting dan terdepan dari subsektor ekonomi kreatif. Subsektor musik pada tahun 2020 memberikan kontribusi hampir Rp6 triliun. Kalau dilihat, pertumbuhannya sudah sangat positif pada 2022," buka Menparekraf Sandiaga Uno di Cilandak, Jakarta, Senin.

Menparekraf menjelaskan bahwa selain proyeksi PDB pada angka Rp7 triliun, Pemerintah juga menargetkan subsektor musik dapat menyerap sebanyak 70 ribu tenaga kerja pada tahun ini.

"Mudah-mudahan bisa menyerap sampai 70 ribu tenaga kerja. Kalau bicara tenaga kerja, musik adalah subsektor yang paling menghasilkan," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Sandiaga juga mengapresiasi langkah pihak swasta yang mampu memberikan kontribusi dan mengentaskan talenta-talenta musik Tanah Air selama 25 tahun berkarya di industri hiburan.

Sementara itu President, Corporate Strategy and Market Development, Asia and Middle East, Sony Music Entertainment (SME), Shridhar Subramaniam, mengatakan bahwa merupakan sebuah kehormatan bagi SME dapat terus mengembangkan kreativitas lewat representasi ruang berkarya yang baru.

"Selain itu, sebuah kebanggaan dapat terus mempromosikan banyak talenta musik berbakat kepada pasar global. Selama 25 tahun ini, Sony Music Indonesia tidak hanya mengalami perkembangan pesat dan ekonomi yang bertumbuh, namun yang paling penting adalah semua orang di sini sangat kreatif dan hal tersebut membuat kami bisa bertahan hingga saat ini," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf: subsektor musik sumbang kontribusi nyaris Rp6 triliun