Persiapan Maksimal, Kegiatan Titik Kuliminasi di Equator Pasaman dihadiri Sandiaga Uno

id Titik Kuliminasi di Equator Pasaman,Bupati Pasaman, Sabar AS.

Persiapan Maksimal, Kegiatan Titik Kuliminasi di Equator Pasaman dihadiri Sandiaga Uno

Bupati Pasaman, Sabar AS.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Dengan persiapan maksimal, Pemkab Pasaman siap untuk menggelar Perayaan Titik Kulminasi Matahari dan Memperingati Hari Metereologi Dunia (HMD) ke-74, Sabtu (23/3/2024) yang dipusatkan di Taman Equator, Bonjol.

Hal ini dikatakan Bupati Pasaman, Sabar AS saat konferensi pers dengan awak media, bersama Forkopimda, Kadis Disporaparbud, Kepala Bappeda, Kasat Satpol PP, Kaban Kesbangpol dan Kadis Kominfo Pasaman, di ruang rapat Bupati.

Sabar AS mengatakan, pada awalnya Pasaman di 2024 ini hanya akan menyelenggarakan peringatan titik kulminasi matahari. Sebagaimana diketahui, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun tiap Maret.

Tapi dalam perkembangannya pemerintah pusat juga meminta kesediaan Pasaman untuk menjadi tuan rumah peringatan HMD ke-74.

"Itu artinya, Pasaman diberi kepercayaan untuk menjadi penyelenggara iven berskala Nasional," ujar Sabar AS, Jumat.

Kegiatan berskala nasional itu, menurut Sabar AS, dikombinasikan dengan acara berskala lokal, yaitu peringatan titik kulminasi matahari, yang sudah sejak lama diperingati setiap tahun di Pasaman.

Lebih lanjut Sabar AS menjelaskan, bobot kegiatan semakin bertambah besar menyusul kesediaan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk hadir.

"Kita berharap pada hari H-nya tak ada halangan bagi pak menteri untuk hadir,” sebut Sabar AS.

Sabar juga mengingatkan, untuk membesarkan sektor pariwisata memang memerlukan iven. Karena di dalam setiap iven, menurut Sabar, mengandung muatan promosi.