Departemen TIP Unand bina UMKM di Kinari dalam kegiatan pengabdian masyarakat

id PKM Unand

Departemen TIP Unand bina UMKM di Kinari dalam kegiatan pengabdian masyarakat

Dept TIP Unand berikan pembinaan pada UMKM di Kinari, Kabupaten Solok. (ANTARA/ist)

Arosuka (ANTARA) - Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Nagari Kinari Kabupaten Solok, Sabtu (20/5).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Ketua Departemen Teknologi Industri Pertanian, Prof. Dr. Ir. Santosa, MP yang sekaligus memberikan kata sambutan.

"Dalam kesinambungan pengurusan izin dan legalitas bagi UMKM, kami dari Dept. TIP berusaha untuk melakukan pembinaan dan kerjasama dan bahkan nanti akan dilakukan kegiatan MBKM yang insyaAllah akan dimulai bulan Agustus," katanya.

Kegiatan MBKM itu direncanakan akan dilaksanakan di Nagari Kinari selama satu semester atau enam bulan.

"Semoga kerjasama antara nagari Kinari dan Dept. TIP bisa berlangsung dengan bagus dan kami bisa memberikan manfaat serta kami bisa belajar karena kearifan lokal berasal dari nagari yang secara turun temurun di lestarikan,” katanya.

Wali Nagari yang diwakili oleh Ibu Pika menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang terjalin antara kampus dengan pemerintahan nagari.

Ia menyebut hingga saat ini sudah ada kurang lebih 50 NIB UMKM yang sudah diselesaikan berkat kerjasama tersebut.

Pemerintahan nagari berharap kegiatan ini tetap berlanjut sampai UMKM bisa mendapatkan izin P-IRT, izin halal dan cara pemasaran yang baik nantinya.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh beberapa orang narasumber, yaitu Ibu Dr. Wida Susanty binti Haji Suhaili yang berasal dari Universiti Teknologi Brunei. Beliau memaparkan berbagai kondisi ‘UMKM’ yang ada di Negara Brunei.

Masyarakat sangat antusias dengan pemaparan oleh materi yang berasal dari Negara yang berbeda, sehingga banyak hal- hal baru yang dapat di diskusikan oleh masyarakat Kinari terkait dengan produk- produk yang dihasilkan, serta rencana pemasaran nantinya.

Narasumber kedua yaitu Ibu Dr. Ir. Kurnia Harlina Dewi, M.Si yang memaparkan produk khas Nagari Kinari serta potensi yang dimiliki oleh masyarakat Kinari.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi, tanya jawab serta sesi foto bersama yang diikuti oleh perangkat nagari, dosen, mahasiswa serta masyarakat yang hadir di Balai Pertemuan Nagari Kinari. *

*Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian.