AFP Sumbar gulirkan Liga Futsal Nusantara zona Sumbar

id AFP Sumbar,Liga Futsal Nusantara,Sumbar,Padang

AFP Sumbar gulirkan Liga Futsal Nusantara zona Sumbar

Ketua AFP Sumbar H Yasman Yanusar (ANTARA/ HO AFP Sumbar)

Padang (ANTARA) - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat menggulirkan Liga Futsal Nusantara zona Sumatera Barat yang dimulai Rabu (10/5) di Lapangan Rafhely Futsal Bypass Kota Padang.

“Insya Allah, kompetisi Linus (LFN) Futsal AFP Sumbar akan kita laksanakan dari tanggal 10-17 Mei 2023,” kata Ketua AFP Sumbar H Yasman Yanusar di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan AFP Sumbar hingga kompetisi tahun lalu memiliki 24 klub anggota, tetapi tidak seluruhnya menyatakan ikut kompetisi di musim 2023.

"AFP Sumbar juga menerima pendaftaran klub baru dan langsung ikut berkompetisi di musim ini, 2023. Tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi sesuai yang telah ditetapkan organisasi," kata dia

Ia mengatakan, pada tahun lalu kompetisi kasta kedua futsal nasional (Indonesia) zona AFP Sumbar dilaksanakan di Tanah Datar setelah dua tahun terhenti karena pandemi COVID-19 dan tahun ini kembali digelar di Padang.

Menurut dia awalnya LFN 2023 Sumbar digelar 21 Mei - 27 Mei, tetapi ada surat dari Sekjen Federasi Futsal Indonesia kepada Ketua AFP Sumbar, mengenai pendaftaran klub peserta Babak 34 Besar Nasional Grup A di Lubuk Linggau, terakhir pada Minggu tanggal 21 Mei.

“Tentu hal ini kita sikapi dengan memajukan jadwal pelaksanaan kompetisi untuk Provinsi Sumbar," terangnya.

Ia mengatakan juara zona AFP Sumbar akan menghuni grup A Babak 34 Besar Nasional dan peringkat pertama dan kedua grup A serta dari grup B, C dan D akan lolos ke 8 Besar Nasional.

Kemudian, 8 tim dibagi dua grup. Posisi teratas dan kedua dari dua grup ini lanjut ke semi final. Dua tim pemenang semifinal berhak promosi ke Liga Pro Indonesia.

"Tahun lalu, Rafhley FC Kota Padang juara Sumbar lolos sampai 8 Besar. Sayang, gagal ke semifinal sehingga mimpi Sumatera Barat punya klub futsal yang berlaga di Liga Pro masih belum tercapai," kata dia.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Yosrizal mengatakan seluruh calon klub peserta untuk secepatnya menyelesaikan semua persyaratan administrasi keikutsertaan kompetisi maupun pendaftaran pemain.

"Jauh-jauh hari LFN 2023 sudah disosialisasikan. Pada Februari lalu, juga telah dilakukan pertemuan manajer dengan pengurus atau manajer klub. Regulasi dan peraturan pun telah dikirimkan kepada masing-masing klub. Saya harap dapat dipahami dan dipatuhi," kata dia.