Wakil Wali Kota Solok tinjau lokasi banjir di Kelurahan Tanah Garam

id Wawako Solok tinjau, lokasi banjir, di Tanah Garam, akibat intensitas, hujan tinggi

Wakil Wali Kota Solok tinjau lokasi banjir di Kelurahan Tanah Garam

Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra meninjau lokasi banjir di Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat. (ANTARA/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra meninjau lokasi banjir yang merendam sejumlah rumah warga di Taratak RT 04 RW 02 dan Sawah Piai RT 01 RW 05 Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok.

"Banjir tersebut terjadi akibat intensitas hujan yang terlalu tinggi sehingga merendam sejumlah rumah warga di Kelurahan Tanah Garam," kata Dhani di Solok, Rabu.

Ia mengimbau agar masyarakat di daerah itu tetap meningkatkan kewaspadaan, apa lagi warga yang bermukim di pinggir sungai karena kondisi cuaca tidak menentu saat ini.

Wawako Solok pun langsung meninjau lokasi yang terdampak banjir tersebut. Ia menyebutkan ketinggian banjir mencapai betis orang dewasa.

"Banjir dengan ketinggian sampai betis orang dewasa itu, disebabkan oleh meluapnya Sungai Batang Gawan di Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah," ujarnya.

Dia didampingi Kepala Dinas PUPR, Kalaksa BPBD, dan Lurah Tanah Garam, yang melihat langsung kondisi warga di sana.

Ia menambahkan banjir tidak hanya merendam rumah warga, namun juga mengakibatkan longsor di kawasan Masjid Al-Aqsa, Tanah Garam.

Ia menyampaikan rasa prihatinnya atas musibah ini dan langsung memberi arahan kepada OPD terkait untuk cepat melakukan langkah-langkah penanganan yang diperlukan.

“Segera lakukan langkah-langkah percepatan penanggulangan, terutama kepada masyarakat yang terdampak langsung oleh banjir," ucapnya.

Di samping itu, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok Herman menyebutkan banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi di Kota Solok pada pukul 15.00-16.00 WIB.

"Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan debit air pada saluran drainase dan saluran irigasi pada rumah warga di Tanah Garam," katanya.*