BPBD Agam imbau pengendara waspada longsor lewati Sicincin-Malalak

id bpbd agam,sicincin malalak,padang bukittinggi,waspada tanah longsor

BPBD  Agam imbau pengendara waspada longsor lewati Sicincin-Malalak

Kendaraan sedang melewati ruas jalan Sicincin-Malalak, Minggu (23/4). 

Lubukbasung,- (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), mengimbau pengendara agar pada libur Lebaran 2023 meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap ancaman tanah longsor saat melewati ruas jalan Sicincin-Malalak.

"Hati-hati melewati daerah itu, karena rawan bencana tanah longsor saat curah hujan tinggi, akibat tanah perbukitan masih labil," kata Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito di Lubukbasung, Sumbar, Senin.

Karena itu, lanjutnya, pengendara diminta tidak melakukan aktivitas dan tidak berhenti di lokasi titik rawan tanah longsor tersebut.

"Anggota Satgas menyampaikan imbauan kepada pengendara menggunakan pengeras suara mobil rescue," kata Bambang Warsito.

Ia menambahkan ruas Sicincin-Malalak tersebut merupakan jalan alternatif dari Kota Padang menuju Bukittinggi. Saat ini, tambahnya, jalan tersebut cukup ramai dilewati kendaraan baik roda empat dan roda dua.

"Kendaraan cukup ramai melewati ruas jalan tersebut pada arus mudik dan balik Idul Fitri 1444 Hijriah," katanya.

Ia mengatakan Pemprov Sumbar menyiagakan alat berat jenis ekskavator di ruas jalan Sicincin-Malalak tersebut pada arus mudik Lebaran.

Alat berat itu untuk membersihkan material tanah longsor apabila bencana tersebut melanda daerah itu agar pengguna jalan tidak terganggu.

"Alat berat ini dikerahkan berkat koordinasi dengan Pemprov Sumbar," kata Bambang Warsito.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengendara diimbau waspada longsor saat lewat Sicincin-Malalak Sumbar