Polres Pasaman Barat kedepankan tindakan humanis pengamanan Lebaran 2023

id Polres Pasaman Barat ,operasi ketupat 2023 pasbar,Berita pasbar,Berita sumbar

Polres Pasaman Barat kedepankan tindakan humanis pengamanan Lebaran 2023

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki saat memeriksa pasukan pada apel gelar pasukan operasi ketupat 2023, Senin. (Antara/Altas Maulana).

Simpang Empat (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat akan mengedepankan tindakan humanis dalam pengamanan Lebaran Idul Fitri 144 Hijriah selama operasi ketupat 2023 sejak 18 April sampai 1 Mei 2023.

"Sesuai arahan Kapolri Jenderal Polisi Listryo Sigit Prabowo kami harus bekerja sungguh-sunguh dan mengedepankan tindakan humanis," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki usai menggelar apel gelar pasukan operasi ketupat 2023 dengan tema "mudik aman berkesan", Senin.

Ia mengatakan untuk menjaga kenyamanan pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah pihaknya menyiapkan pos pengaman dan pos pelayanan yakni pos pengamanan bertempat di Pantai Sasak, Pantai Sikabau dan Pantai Air Bangis serta pos pelayanan di Bundaran Simpang Empat dan Pasar Ujung Gading.

"Khusus Polres Pasaman Barat ada 83 personil yang akan diturunkan dan bergabung dengan personil lainnya di lapangan," katanya.

Pada apel gabungan itu Kapolres Pasaman Barat juga membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listryo Sigit Prabowo.

Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah

Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis. Terapkan buddy system dan pedomani SOP agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan "Presisi" sebagaimana harapan masyarakat.

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarana prasarana dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan. Agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat.

Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan berbagai pihak.

Keenam, perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

"Mudah-mudahan dengan adanya gelar operasi ketupat ini semakin memantapkan kesiapan kita dilapangan bersama petugas dari instansi lainnya," kata Kapolres.

Usai menggelar operasi ketupat juga dilakukan pemusnahan barang bukti hasil operasi cipta kondisi Polres Pasaman Barat yang mulai tanggal 23 Maret sampai 17 April 2023 berupa minuman meras beralkohol dan petasan dengan rincian miras botol bermerek sebanyak 250 botol, miras jenis tuak 500 liter dan petasan sebanyak 10.620 butir.***