Ayo bersiap, Liga TopSkor Sumbar akan ditabuh di tiga kategori usia muda

id Liga TopSkor,Sumbar,Liga TopSkor Sumbar ,ditabuh di tiga kategori usia muda,berita sumbar,berita padang

Ayo bersiap, Liga TopSkor Sumbar akan ditabuh di tiga kategori usia muda

Liga TopSkor (ANTARA/ Dokumen Pribadi)

Padang, (ANTARA) - Liga TopSkor yang dikenal kompetisi sepakbola usia muda akan digelar di Sumatera Barat di tiga kategori usia yakni Kategori Umur (KU) -14, KU-16 dan KU-18.

CEO Operator Liga TopSkor Sumbar, Polos Production Renold Fadhli di Padang, Kamis mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan Liga TopSkor Nasional dengan penggagas Harian TopSkor itu sudah mendapat sinyal boleh diputar di Sumbar.

"Alhamdulillah, Yusuf Kurniawan sangat terbuka dan telah mempersilahkan untuk menggelar di Sumbar," katanya.

Untuk edisi perdana ini ada tiga strata usia yakni U-14 (kelahiran 2009), U-16 (kelahiran 2007) dan U-18 (kelahiran 2005).

Tim yang juara di masing-masing kategori akan mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional yang akan diputar pada bulan Juni 2023.

Menurut dia untuk putaran nasional kelompok umur yang akan dipertandingkan adalah kelahiran 2010, 2009, 2007 dan 2005.

“Kita wanti-wanti para peserta akan menerapkan sistem profesional mulai dari pemain hingga pelatih. Artinya regulasi benar-benar akan kita jalankan,” kata dia

Liga TopSkor secara sendiri resmi digulir pada 13 Maret 2011 yang digagas oleh Harian TopSkor.

Pada musim 2021/2022, Liga TopSkor telah diputar di 10 Kota yakni: Jakarta, Bandung, Lampung, Pati, Madiun, Cirebon, Karawang, Batam, Palu, dan Papua.

Liga TopSkor tidak saja menyelenggarakan kompetisi kemudian selesai namun pemain-pemain berbakat dari hasil kompetisi tersebut dikumpulkan dan dibina secara berkesinambungan dalam wadah yang diberi nama TopSkor Indonesia atau dikenal dengan sebutan tim TSI.

Tim TSI pertama kali dibentuk pada 2016 untuk mengikut ajang bergengsi Gothia Cup 2016 di Swedia. Ketika itu TSI turun di kategori usia 13 tahun, dan berhasil mencapai posisi runner-up di turnamen yang disebut-sebut sebagai Piala Dunia-nya Remaja itu.

Pada 2018, TSI kembali turun di ajang Gothia Cup China dan menjadi juara pada kelompok usia U-15. Prestasi tersebut kembali ditorehkan saat TSI U-14 menjadi juara Gothia Cup China pada tahun berikutnya.

Prestasi internasional tersebut kian sempurna karena di kancah domestik, TSI juga menjadi juara Piala Menpora U-16 tingkat Nasional di Bali pada 2018 dan di Bandung setahun setelahnya.

Secara paralel dan berkesinambungan, Liga TopSkor selalu menyumbang pemain-pemain hasil kompetisi ke skuad timnas usia muda. Alumni angkatan pertama Liga TopSkor yang mengecap seragam Timnas adalah Gian Zola Nasrullah dan Syahrian Abimanyu.

Kemudian secara berturut-turut disusul oleh Muhammad Riyandi, Beckham Putra Nugraha, M. Rafli, Zahra Muzdalifah, Bagas-Bagus, Fajar Faturrahman, Brylian Aldama, Sutan Zico, Rendy Juliansyah, Supriadi, Andre Oktaviansyah, Athala Araihan, Muhamad Valeroen, Resa Aditya, dan masih banyak lagi yang lainnya. (*)