Personel Sat Binmas Polres Solok Kota gagalkan aksi jambret di Pasar Raya Solok

id Personel Sat Binmas, Polres Solok Kota, berhasil gagalkan, aksi penjambretan, di Pasar Raya Solok

Personel Sat Binmas Polres Solok Kota gagalkan aksi jambret di Pasar Raya Solok

Personel Sat Binmas Polres Solok Kota berhasil gagalkan aksi penjambretan di Pasar Raya Solok (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Solok, (ANTARA) - Personel Sat Binmas Polres Solok Kota, Sumatera Barat berhasil menggagalkan aksi penjambretan di Pasar Raya Solok terhadap sepasang suami istri pada Selasa (1/12).

Kaur Bin Ops Sat Binmas Polres Solok Kota IPDA Maihendri di Solok, Kamis mengatakan peristiwa penjambretan itu terjadi saat ia sedang melakukan giat patroli.

Lebih lanjut, ia mengatakan saat itu sedang melakukan giat quitquin di tengah masyarakat bersama rekannya Ipda Afrijon dan Aiptu Mirzal. Kemudian melihat kejadian tersebut dan berhasil menggagalkannya.

"Kejadiannya tepat sekali di depan Pasar Raya Solok. Korban K, baru keluar mobil akan menuju toko emas dan pelaku mencoba menarik tas yang berisi uang tersebut," ujarnya.

Sempat terjadi tarik-menarik antar korban dan pelaku. Namun pelaku langsung melarikan diri saat melihat petugas, menggunakan sepeda motor bersama pelaku lain dengan kecepatan tinggi.

"Awalnya kami kira ada KDRT. Ternyata ada percobaan penjambretan. Pelaku juga sempat mengeluarkan pisau cutter dan alhamdulillah tidak sempat melukai korban dan uangnya tidak dibawa kabur pelaku," katanya.

Sepasang suami istri yang menjadi korban penjambretan tersebut merupakan S (65) dan K (50) warga Nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Korban tersebut baru saja selesai mengambil uang di Bank Nagari dengan jumlah lebih kurang sebesar Rp80 juta akan digunakan untuk membeli emas.

"Peristiwa tarik menarik tersebut, membuat korban sempat terjatuh. Alhamdulillah tidak ada luka-luka," kata dia.

Selanjutnya, anggota Satbinmas mengantarkan korban ke Bank Nagari untuk menyetorkan kembali uang yang sempat diambil tersebut.

"Kami mengantarkan korban langsung ke Bank Nagari guna menyetorkan uang itu kembali," ujarnya.

Selain itu, KBO Sat Binmas juga memberikan imbauan kepada nasabah Bank Nagari agar berhati-hati dan apabila mengambil uang dalam jumlah yang banyak agar didampingi oleh pihak pengamanan atau kepolisian.

Atas peristiwa ini, Korban S dan K mengucapkan terima kasih atas kehadiran personil, yang berhasil menggagalkan aksi jambret tersebut.

"Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada personil Polres Solok Kota sehingga kami terhindar dari penjambretan. Alhamdulillah kami bisa selamat," ucapnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2023