Polisi Bukittinggi giatkan sosialiasi antisipasi kenakalan pelajar

id Polisi Bukittinggi,sosialiasi antisipasi kenakalan pelajar bukittinggi,Berita bukittinggi

Polisi Bukittinggi giatkan sosialiasi antisipasi kenakalan pelajar

Kapolsekta Bukittinggi, Kompol Rita Suryanti memberikan arahan dan sosialisasi antisipasi kenakalan remaja di kalangan pelajar Kota Bukittinggi (Antara/Alfatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Jajaran kepolisian di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mendatangi langsung sekolah yang ada di daerah setempat untuk gelar sosialisasi antisipasi kenakalan di kalangan pelajar.

Kapolsekta Bukittinggi, Kompol Rita Suryanti mengatakan pihaknya mengaktifkan imbauan Kamtibmas di seluruh SMA sederajat di Kota Bukittinggi dengan menyampaikan materi seputar kepatuhan dan penegakan hukum.

"Kami mendengar di daerah lain dengan adanya aksi tawuran antar pelajar, beruntung Kota Bukittinggi tidak terjadi selama ini, antisipasi kenakalan seperti ini harus ditingkatkan, lebih baik mencegah sebelum terjadi," kata Rita di salah satu sekolah di SMA 1 Pasar Bawah, Rabu.

Kompol Rita bersama puluhan petugas kepolisian lainnya mengumpulkan seluruh siswa di lapangan dan menyampaikan beberapa aturan kepolisian yang rentan dilanggar oleh pelajar.

"Arahan tentang disiplin berlalu lintas, menjauhi pergaulan bebas dan narkoba, para anak muda ini adalah generasi penerus bangsa yang wajib dilindungi dan dijaga sejak dini," katanya.

Kapolsekta juga memberikan tips dan trik menjaga diri dari ancaman kejahatan yang mungkin saja terjadi bagi pelajar.

"Jangan berjalan sendirian di daerah sepi, lebih baik hindari pemakaian aksesoris berlebihan dan menarik perhatian, bagi yang punya keahlian bela diri lebih bagus lagi, akan tetapi tetap saling berkomunikasi dengan guru dan sesama pelajar saat terjadi masalah," ujarnya.

Kedatangan petugas kepolisian di sekolah mendapat apresiasi tersendiri bagi pelajar yang sebagian besar belum mengetahui beberapa aturan Kamtibmas.

"Penyampaian pesannya enak didengar, jelas dan terukur, kadang kami hanya bisa melihat dari spanduk imbauan atau medsos, kali ini dijelaskan dengan contoh kasus langsung, sangat membantu," kata seorang pelajar, Syifa.

Ia menambahkan kegiatan serupa terus dilakukan kepolisian di Bukittinggi agar tidak ketinggalan informasi keamanan dan ketertiban umum.