Polres Sawahlunto Tingkatkan Kontrol Keamanan dan Kesehatan Tahanan

id Polres Sawahlunto,Berita Sawahlunto,Tahanan sawahlunto,Berita sawahlunto

Polres Sawahlunto Tingkatkan Kontrol Keamanan dan Kesehatan Tahanan

Kapolres Sawahlunto AKBP. Purwanto Hari Subekti mengontrol dan berdialog dengan tahanan di ruang tahanan Polres Sawahlunto, Jum'at. (Antarasumbar/HO-Humas Polres Sawahlunto)

Sawahlunto (ANTARA) - Polres Sawahlunto, Sumatera Barat, berkomitmen menciptakan jaminan keamanan dan kesehatan bagi para tahanan, dengan peningkatan kontrol dan kewaspadaan.

Kapolres Sawahlunto AKBP. Purwanto Hari Subekti, di Sawahlunto, Sabtu, menyampaikan komitmen itu dalam upaya memenuhi hak dan kewajiban dari para tahanan.

"Saya sudah melakukan giat cek dan kontrol langsung ke ruang tahanan, yakni untuk sekarang ruang tahanan kita ada lima orang tahanan. Saya ingin memastikan keamanan dan kesehatan mereka, jadi selain memeriksa kondisi ruangan saya juga berdialog menanyakan bagaimana kesehatan dan apa ada keluhan lainnya," kata dia.

Ia menyebut pemeriksaan secara kondisi fisik ruangan yang dicek adalah kunci gembok, jeruji sel, ventilasi, plafon, dinding ruangan dan lain-lainnya dipastikan dalam kondisi aman dan layak digunakan.

"Kemudian kepada petugas jaga tahanan saya berpesan agar meningkatkan kewaspadaan, lakukan pengecekan dan kontrol tahanan setiap saat, selalu jaga kebersihan serta perhatikan makan dan olahraga tahanan," ujarnya berpesan.

Kapolres Purwanto juga meminta Bidang Dokkes Polres Sawahlunto selalu menjaga koordinasi dengan petugas jaga tahanan sehingga pengobatan terhadap tahanan yang sakit selalu tersedia.