"Sinergi kolaborasi untuk negeri", IDI Pasbar dekatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat Kinali

id IDICabang Pasaman Barat,Berita pasbar,Berita sumbar

"Sinergi kolaborasi untuk negeri", IDI Pasbar dekatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat Kinali

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pasaman Barat, Sumatera Barat mengelar sejumlah kegiatan pelayanan kesehatan mengusung tema "sinergi kolaborasi untuk negeri dengan memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat Kinali, Sabtu (18/5/2024). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-116, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pasaman Barat, Sumatera Barat mengelar sejumlah kegiatan dengan berkolaborasi dengan sejumlah pihak yang diadakan di lapangan bola kaki Limau Purut Kinali, Sabtu (18/5).

Ketua IDI Cabang Pasaman Barat dr Oktahermoniza SpB, Subsp.Onk (K) didampingi Sekretaris dr Gina Alecia, M.Kes dan Ketua Panitia dr Widodo di Kinali, Sabtu, mengatakan pihaknya membuat kegiatan dengan tema "sinergi kolaborasi untuk negeri".

Kolaborasi IDI Pasaman Barat dilakukan bersama Dinas Kesehatan, ninik mamak Tuanku Yang Dipertuan Kinali, PMI Pasaman Barat dan BPJS.

Adapun kegiatannya adalah berupa senam massal, sunat massal, pengobatan dokter spesialis, donor darah dan kegiatan lainnya.

"Antusias warga cukup tinggi, ratusan warga menghadiri kegiatan yang kita adakan," katanya.

Tingginya animo masyarakat terlihat dari jumlah layanan. Untuk layanan BPJS ada 67 orang, layanan administrasi kependudukan catatan sipil 70 orang, pengobatan gratis 230 orang, PTM 300 orang, sunatan massal 44 orang, donor darah 30 orang dan senam massal 200 orang.

"Ini merupakan bentuk bakti sosial IDI Pasaman Barat kepada warga secara gratis. Mudah-mudahan dengan pelayanan kesehatan ini dapat membantu masyarakat," katanya.

Pihaknya siap bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak dalam rangka memberikan layanan kesehatan ke masyarakat.

Ia mengucapkan terima masih kepada semua pihak yang terlibat dalam sinergisitas kolaborasi ini. Khususnya ninik mamak Yang Dipertuan Kinali yang mendukung penuh kegiatan IDI.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, Ketua DPRD Erianto dan sejumlah tokoh masyarakat.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mengatakan kegiatan yang diadakan merupakan upaya pemerintah mendekatkan pelayanan ke masyarakat.

"Biasanya masyarakat datang ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan, kali ini dokter yang mendatangi masyarakat bersama pelayanan bentuk lainnya seperti pelayanan disdukcapil, donor darah dan lainnya," sebutnya.

Sebelumnya Tuanku Mustika Yana Yang Dipertuan Kinali mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan IDI dalam memberikan layanan kesehatan kapanpun saja.

"Sektor kesehatan merupakan salah satu urusan wajib pemerintah yang perlu dioptimalkan," katanya.

Untuk itu, optimalisasi kualitas pelayanan publik khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan harus terus ditingkatkan.

"Mari bersama-sama berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Diperlukan kolaborasi semua pihak," harapnya. ***3***