Baznas Pessel salurkan beasiswa, ratusan mahasiswa ajukan proposal

id Beasiswa, Baznas, berita pesisir selatan

Baznas Pessel salurkan beasiswa, ratusan mahasiswa ajukan proposal

Baznas Kabupaten Pesisir Selatan menerima proposal pengusulan beasiswa dari mahasiswa daerah itu.(ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) -

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan menyalurkan beasiswa untuk bantuan pendidikan bagi generasi yang sedang melanjutkan di sejumlah Perguruan Tinggi (PT), informasi diumumkan juga di plafon media sosial lembaga itu.

Dengan dipublisnya pengumuman terkait mulai dibuka penerimaan persyaratan atau proposal beasiswa oleh Baznas, terlihat minat mahasiswa asal Kabupaten Pesisir Salatan yang mengantarkan proposalnya ke Kantor Baznas setempat.

Dalam pengumuman tersebut juga disebutkan syarat-syarat yang harus dilengkapi oleh pemohon dengan batas waktu penghimpunan persyaratan sejak 11-15 Juli 2022.

Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Selatan Yose Leonando mebenarkan antusias mahasiswa untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan itu, buktinya pada hari pertama saja sudah sampai ratusan yang masuk permohonan.

Guna memudahkan pelayanan permohonan dari para pengusul, maka Basnaz Pessel membagi dua wilayah kerjanya, meliputi Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Bayang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kecamatan IV Jurai dan Kecamatan Batang Kapas adalah Wilayah I.

Sedangkan wilayah dua melayani 10 kecamatan, meliputi Kecamatan Sutera, Kecamatan Lengayang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kecamatan Air Pura, Kecamatan Pancung Soal, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kecamatan Rahul Tapan, Kecamatan Lunang dan Kecamatan Silaut.

Dia menjelaskan, Baznas Pessel pada tahun ini sudah menetapkan kuota sekitar 700 orang untuk beasiswa yang sedang kuliah di perguruan tinggi diluar daerah. Dengan besar beasiswa disalurkan senilai Rp1,5 juta per orang penerima.

Jadi, setelah sampai batas waktu penerimaan proposal berakhir, maka akan dilanjurkan verifikasi proposal untuk menentukan yang layak dan tidaknya menerima beasiswa, tambahnya.

Sementara beasiswa untuk yang kuliah di perguruan tinggi dalam Kabupaten Pesisir Selatan, pihak Baznas langsung meminta data mahasiswa dan mahasiswi dari masing-masing. Sedangkan untuk beasiswa tingkat pelajar SMP dan SD berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan sedangkan pelajar MIN data dari Kemenag kabupaten itu.

"Sesuai dengan rencana penyerahan beasiswa akan diberikan serempak setelah nantinya sudah ada hasil dari verifikasi," ujarnya.