Polres Sawahlunto himbau warga waspada meninggalkan rumah saat libur lebaran

id Polres Sawahlunto,Waspada maling saat mudik,Berita sawahlu to

Polres Sawahlunto himbau warga waspada meninggalkan rumah saat libur lebaran

Kapolres Sawahlunto AKBP. Ricardo Condrat Yusuf bersama Wali Kota Sawahlunto Deri Asta. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Polres Sawahlunto, Sumatera Barat, menghimbau warga untuk tetap berhati-hati meninggalkan rumah saat mudik, bersilahturrahmi ke tempat saudara atau pergi berwisata pada momen libur lebaran.

Kapolres Sawahlunto AKBP. Ricardo Condrat Yusuf, di Sawahlunto, Jum'at mengatakan dalam libur lebaran dipredikasi akan ada peningkatan rumah yang kosong ditinggalkan penghuninya sekaitan keperluan lebaran.

"Selain resiko pencurian pada rumah yang dalam keadaan kosong, resiko kebakaran karena adanya api/listrik yang masih menyala di dalam atau di sekitar rumah harus kita cegah. Untuk mencegah itu maka harus waspada, pastikan rumah dalam keadaan aman terkunci dan tidak ada listrik/api yang masih menyala," kata dia.

Ia menyarankan supaya lebih aman warga yang meninggalkan rumah apalagi dalam jangka waktu lebih dari satu hari agar dapat memberitahukan/berkoordinasi dengan tetangga, keluarga atau RT/RW setempat.

"Alhamdulillah di Sawahlunto itu kalau direkapitulasi datanya dari tahun ke tahun untuk tindak kejahatan atau kebakaran di rumah yang ditinggalkan pada saat libur lebaran itu sangat rendah sekali. Namun jangan sampai hal itu membuat kita lengah, makanya kami ajak masyarakat tetap waspada," ujar dia mengingatkan.

Dari Polres sendiri dikatakannya dalam rangkaian Operasi Ketupat Singgalang 2022 dengan kekuatan 70 orang personel akan melakukan pengamanan baik di posko pengamanan, pos pelayanan maupun berkeliling dengan metode patroli.

"Namun tentunya untuk suksesnya keamanan dan ketertiban secara lebih menyeluruh itu butuh dukungan dari masyarakat dan semua elemen terkait. Kami percaya di Sawahlunto mampu melakukan sinergi itu," kata dia