Pebalap tim Repsol Honda Espargaro tercepat di sesi latihan pertama MotoGP di Mandalika

id motogp,grand prix of indonesia,pol espargaro,sirkuit mandalika

Pebalap tim Repsol Honda Espargaro tercepat di sesi latihan pertama MotoGP di Mandalika

Pebalap Repsol Honda Team Pol Espargaro mengikuti konferensi pers jelang balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (17/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

Lombok Tengah, (ANTARA) - Pebalap tim Repsol Honda Pol Espargaro membuka Pertamina Grand Prix of Indonesia sebagai yang tercepat di sesi latihan pertama, Jumat.

Sang pebalap Spanyol mencetak waktu tercepat 1:33,499 detik di lap terakhir demi mengungguli Miguel Oliveira dari tim KTM yang berjarak 0,044 detik.

Marc Marquez menegaskan kecepatan Honda di peringkat tiga terpaut 0,079 detik dari rekan satu timnya itu, demikian catatan MotoGP.

Marquez menjadi pebalap pertama yang menembus catatan satu menit 35 detik di lintasan dengan kondisi setengah basah menyusul hujan lebat pada pagi hari di Mandalika.

Kemudian Espargaro mencetak lap yang lebih baik dari rekan satu timnya itu dengan catatan 1:34,476 untuk berada di puncak tabel menuju 10 menit terakhir sesi latihan.

Time attack Franco Morbidelli sempat membawa Yamaha ke puncak dengan catatan 1:33,881 di lima menit terakhir, namun sang pebalap Italia harus puas di peringkat empat setelah tak mampu memperbaiki lapnya.

Johann Zarco dengan top speed tertinggi 308,5kpj di Jumat pagi menjadi wakil Ducati tercepat di P5.

Aleix Espargaro kembali meneruskan tren positif Aprilia di P6, mengungguli pebalap KTM Brad Binder dan Enea Bastianini dari tim Gresini.

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Joan Mir (Suzuki) melengkapi sepuluh besar dengan margin 0,9 detik dari pemuncak sesi.

Balapan seri kedua dari Kejuaraan Dunia MotoGP digelar di lintasan baru yaitu Sirkuit Pertamina Mandalika yang menandai kembalinya MotoGP ke Indonesia untuk pertama kalinya sejak 1997.

Setelah menggelar balapan penutup musim WorldSBK pada November, Mandalika juga menjadi arena tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari.

Kondisi lintasan dan aspek keselamatan menjadi perhatian menyusul hasil tes pramusim yang mengharuskan sirkuit Mandalika menjalani pengaspalan ulang di sebagian lintasannya.

Pebalap Gresini Racing Enea Bastianini sementara ini memegang kendali klasemen pebalap berkat kemenangan perdananya di MotoGP saat merebut podium teratas di Qatar.

Bastianini dengan motor Ducati GP21 terbukti menjadi salah satu ancaman serius para rival setelah start musim yang menjanjikan.

Brad Binder meraih podium di Qatar untuk pertama kalinya juga bagi KTM di Lusail setelah finis P2 di depan Pol Espargaro yang mengantongi motivasi tinggi menyusul performa motor Honda RC213V yang memuaskan sejak awal musim.

Sementara itu, juara bertahan Fabio Quartararo ingin melupakan hasil buruk di Qatar di mana ia hanya mampu finis P9 menyusul performa jeblok Yamaha serta defisit top speed di sana.

Quartararo menyudahi FP1 di peringkat ke-16 berjarak 1,294 detik dari Espargaro.

Para pebalap akan memanfaatkan sesi latihan kedua untuk memperbaiki catatan waktu mereka demi memesan tempat ke babak kualifikasi kedua (Q2) karena catatan terbaik FP1 masih terpaut sekitar 2,5 detik dari lap terbaik yang dibuat Espargaro (1:31,060) saat tes pramusim di Mandalika pada bulan lalu.

Catatan sepuluh besar FP1:

1 P. ESPARGARO 1:33,499

2 M. OLIVEIRA +0,044

3 M. MARQUEZ +0,079

4 F. MORBIDELLI +0,382

5 J. ZARCO +0,743

6 A. ESPARGARO +0,753

7 B. BINDER +0,776

8 E. BASTIANINI +0,828

9 F. BAGNAIA +0,858

10 J. MIR +0,980