Bawaslu Kota Solok serahkan buku pengawasan pemilihan serentak ke DPK

id Bawaslu Kota Solok, serahkan buku, pengawasan pemilihan, serentak ke DPK

Bawaslu Kota Solok serahkan buku pengawasan pemilihan serentak ke DPK

Bawaslu Kota Solok serahkan buku pengawasan pemilihan serentak ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok (ANTARA/ho-humas)

Arosuka (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok, Sumatera Barat menyerahkan buku pengawasan pemilihan serentak ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok yang bertujuan untuk pemeliharaan dan perawatan arsip.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kota Solok Wadirman di Solok, Senin mengatakan buku yang diserahkan Bawaslu tersebut berjudul tentang Pengawasan Pemilihan Serentak di Kota Solok Tahun 2020, Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

Menurut dia buku tersebut sangat penting dan perlu sekali untuk diselamatkan, karena banyak nilai-nilai kebaikan dan informasi yang terdapat di dalamnya, khususnya informasi tentang pemilihan serentak di Kota Solok pada 2020 lalu.

"Informasi di dalamnya merupakan arsip statis yang sangat penting dijaga dan dilestarikan,” kata dia.

Selain itu, ia juga mengatakan pemeliharaan dan perawatan arsip merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan karena bahan rekam yang digunakan untuk membuat arsip dapat mengakibatkan bahan arsip menjadi rusak.

Wadirman juga menambahkan penyimpanan terpisah ini juga bertujuan sebagai upaya menghindari hilangnya arsip yang disebabkan oleh bencana alam seperti banjir, kebakaran dan bencana alam lainnya dan hal ini sesuai dengan azas desentralisasi penyimpanan arsip.

Lembaga Arsip Nasional Daerah berkewajiban menyimpan, memelihara dan menyelamatkan arsip dari lembaga-lembaga dan badan-badan pemerintah daerah serta Badan Pemerintah Pusat di tingkat daerah.

“Kewajiban pemerintah memelihara dan menyelamatkan arsip-arsip ini diatur di dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 1971 Pasal 9,” ujarnya.

Di samping itu, Ketua Bawaslu Kota Solok Triati mengatakan penyerahan buku ini bertujuan untuk penyelamatan arsip dan untuk penyimpanan arsip secara terpisah.

Ia berharap dengan penyerahan buku yang berjudul tentang Pengawasan Pemilihan Serentak di Kota Solok Tahun 2020, Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Dapat bermanfaat dan disimpan dengan baik oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok.