270 siswa SMK di Bukittinggi ini terapkan ilmu dalam Prakerin

id Smk genius bukittinggi,Berita bukittinggi

270 siswa SMK di Bukittinggi ini terapkan ilmu dalam Prakerin

Ilustrasi dunia usaha (ANTARA/Xinhua/Xia Pengfei)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Sebanyak 270 siswa SMK Genus di Kota Bukittinggi dilepas ke dalam dunia usaha melalui program Praktek Kerja Industri (Prakerin) untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat dari sekolah.

Pelepasan ratusan siswa itu dilaksanakan di Aula Hotel Pusako Kota Bukittinggi oleh Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi, Dinas Kesehatan dan Ketua Yayasan INGG, Selasa.

Kepala SMK Genus Bukittinggi, Defi Endri menyebut dari 270 siswa itu terdiri dari 225 orang siswa dari SMK Genus Bukittinggi dan 45 lainnya dari SMK Genus Sumbar.

"Mereka semua kita berikan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang didapat ke seluruh dunia industri di mana saja," kata Defi Endri di Bukittinggi.

Ia mengatakan seluruh siswa terdiri dari latar belakang ilmu yang berbeda dan disesuaikan dengan tempat dilaksanakan Prakerin.

"Mulai dari bidang kesehatan, pariwisata dan lainnya yang akan diperkerjakan sesuai Standar Operasional masing-masing tempat seperti Apotek, Klinik, Rumah Sakit, Hotel dan lainnya," kata dia.

Ratusan siswa itu dilepas dengan ditandai pemasangan kartu identitas mereka yang telah resmi diterima di berbagai dunia usaha.

Pelepasan pelajar ini menjadi rombongan pertama SMK di Bukittinggi yang akan melaksanan Prakerin.

Defi menambahkan imbauannya agar seluruh siswa dapat melaksanakan Prakerin secara maksimal di dunia industri agar lapangan pekerjaan bisa dimasuki secara profesional nantinya.

"Jaga nama baik sekolah dan guru, cari pengalaman sebanyak mungkin agar jiwa profesional kerja dapat ditumbuh kembangkan," harapnya.

SMK Genus Bukittinggi telah melepas Prakerin siswanya kali kedelapan dan merupakan yang pertama bagi SMK Kesehatan Genus Sumbar.