Solok Selatan upayakan 8 nagari persiapan definitif tahun depan

id pemekaran nagari,solok selatan,pilkada serentak 2024

Solok Selatan upayakan 8 nagari persiapan definitif tahun depan

Ilustrasi (antarasumut/Khairul Arief)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, upayakan 8 nagari persiapan telah definitif pada 2022, dimana pengusulan pemekarannya ke pemerintah provinsi telah dilakukan sejak enam tahun yang lalu.

"Pengusulan pemekaran nagari itu saat ini tengah diverifikasi di provinsi," kata Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Solok Selatan, Riri Tyson, saat dihubungi di Padang Aro, Rabu.

Ia mengatakan pengusulan pemekaran kedelapan nagari tersebut telah diusulkan Pemkab Solok Selatan sejak 2017, tapi masih ada bahan yang perlu direvisi.

Kedelapan nagari persiapan tersebut, yakni Lubuk Gadang Barat, Lubuk Gadang Barat Daya, Lubuk Gadang Tenggara yang berada di Kecamatan Sangir dan Pekonina Alam Pauh Duo di Kecamatan Pauh Duo.

Lalu, Nagari Persiapan Batang Lolo, Balun Pakan Rabaa Tangah, Pakan Rabaa Utara Duo, dan Pakan Rabaa Selatan yang berada di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

"Semoga Januari 2022 sudah bisa kita ekspos di Kementerian Dalam Negeri. Kami optimistis tahun depan nomor registernya sudah keluar dari Kemendagri," ujarnya.

Sejalan dengan itu, imbuhnya Pemkab Solok Selatan bersama dengan DPRD kini tengah membahas revisi Peraturan Daerah (Perda) Nagari. "Sudah mulai finalisasi," ujarnya.

Setelah mendapat nomor register dari Kemendagri keluar dan revisi Perda Nagari telah selesai, imbuhnya selanjutnya akan gelar pemilihan wali nagari. "Semoga tahun depan bisa dilaksanakan," ujarnya.

Tyson mengatakan Pemkab setempat menargetkan kedelapan nagari persiapan tersebut bisa ikut dalam pilkada serentak 2024. "Anggaran untuk keikutsertaan kedelapan nagari dalam Pilkada Serentak sudah kami persiapan," ujarnya.