13 PTS di Bukittinggi gelar vaksinasi massal bersama LLDIKTI X Sumbar (Video)

id beritia bukittingg, berita sumbar, lldikti

13 PTS di Bukittinggi gelar vaksinasi massal bersama LLDIKTI X Sumbar (Video)

Kepala LLDIKTI X Sumbar di Bukittinggi (Antara/Alfatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti ) Wilayah X Sumatera Barat melakukan pelaksanaan vaksinasi massal yang diikuti oleh ribuan warga dan mahasiswa dari 13 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Kota Bukittinggi dan sekitarnya, Sabtu.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Universitas Muhammad Natsir Bukittinggi untuk pencapaian target vaksinasi di Sumatera Barat itu dilakukan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Pemkot Bukittinggi, Polri dan TNI, RS Unand dan RS lainnya yang ada di Bukittinggi.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan pelaksanaan vaksinasi massal PTS Bukittinggi merupakan kegiatan pertama kalinya yang melibatkan seluruh PTS yang ada di daerah.

"Kegiatan yang luar biasa, vaksinasi kepada seluruh Civitas Akademi PTS di Bukittinggi ini menjadi salah satu usaha bersama demi capaian target, agar ekonomi pulih dan kegiatan masyarakat bisa normal kembali," kata Herri.

Ia mengatakan gerakan Sumbar Sadar Vaksin melalui koordinasi LLDIKTI diharapkan membantu capaian target 100 persen vaksinasi di Bukittinggi dan Sumatera Barat umumnya.

LLDIKTI mengkoordinasikan 13 PTS yang berada di Kota Bukittinggi dan Agam untuk mengikutsertakan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan vaksinasi baik untuk dosis pertama dan kedua.

"Kita juga akan melakukan monitoring kesehatan dan peningkatan kualitas di beberapa PTS yang ada di Bukittinggi dalam kegiatan lanjutan LLDIKTI di daerah ini," ujarnya.

Rektor Universitas Muhammad Natsir Afridian Wirahadi Ahmad mengatakan pihaknya menginisiasi vaksin massal dalam lanjutan kegiatan vaksinasi tahap lanjutan yang telah dilakukan sebelumnya.

"Sebelumnya, kita juga telah melakukan kegiatan vaksin di kampus sebagai salah satu syarat perkuliahan, dan untuk tahap lanjutan ini kita perluas dengan mengikutsertakan seluruh PTS yang ada di Bukittinggi," kata dia.

Ia menyampaikan dalam proses vaksinasi yang dilakukan di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi itu, peserta vaksin dibebaskan memilih jenis vaksin yang disediakan.

"Ada sekitar 5.000 dosis vaksin yang disediakan, warga boleh memilih jenis vaksinnya yang ada yaitu Sinovac, Moderna dan Pfizer," ujar dia.

Dirut Rumah Sakit Unand, Yevri Zulfiqar mengatakan dukungannya dengan kegiatan vaksin massal yang masif dilakukan di Bukittinggi.

"Sangat mendukung, target kita sebanyak 40.000 vaksin untuk saat ini, sebelumnya sudah kita lakukan kegiatan serupa di beberapa tempat di seluruh Sumbar, namun ini pertama kali yang melibatkan banyak PTS," kata dia.

Kegiatan vaksinasi massal itu juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah dari Polres Bukittinggi kepada peserta vaksin yang beruntung.