Pawai alegoris HUT RI di Bukittinggi meriah, ribuan warga turun ke jalan setelah dua tahun absen

id Pawai Alegoris HUT RI ,berita bukittingg,bukittingg terkini,berita sumbar

Pawai alegoris HUT RI di Bukittinggi meriah, ribuan warga turun ke jalan setelah dua tahun absen

Ribuan warga tumpah ruah ke jalan untuk menyaksikan kemeriahan Pawai Alegoris di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (18/08). Pawai alegoris yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI disambut antusias warga karena sudah dua tahun terhenti karena pandemi COVID-19. (Antara/Alfatah)

Bukittinggi, (ANTARA) - Pawai alegoris HUT ke-77 RI diselenggarakan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, ribuan warga tumpah ruah ke jalan menyaksikan kemeriahan acara yang telah dua tahun lamanya absen dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

"Senang sekali, sudah dua tahun HUT RI tidak semeriah ini, kami sengaja datang pulang kampung karena ada agenda Pawai Alegoris ini, suka cita kemerdekaan kental terasa dengan keramaian ini," kata seorang warga, Jhonni (41) di Bukittinggi, Kamis.

Pemerintah setempat mengikutsertakan seluruh perwakilan Sekolah, Instansi, Unsur Kemasyarakatan dan lembaga lainnya hingga membentuk barisan yang sangat panjang di jalan pusat kota.

"Terakhir diselenggarakan pada 2019, hingga antusias masyarakat baik peserta atau penonton yang hadir begitu melimpah hari ini," kata Kepala Kesbangpol Bukittinggi, Nenta Oktavia.

Menurutnya, seluruh jajaran pemerintahan Kota Bukittinggi ikut serta dan memberikan andil berupa penampilan atau dukungan selama pawai berlangsung.

"Sesuai instruksi Wali Kota, seluruh lini berpartisipasi mendukung kegiatan ini, pawai ini untuk menunjukkan rasa suka cita dengan keberhasilan pejuang merebut kemerdekaan," kata Nenta.

Pelaksanaan Pawai Alegoris tahun 2022 ini berbeda sistem pendaftarannya jika dibandingkan dari sebelumnya, peserta harus mendaftar melalui google form yang telah dipersiapkan oleh panitia.

"Untuk peserta yang ingin bergabung harus mendaftarkan diri terlebih dulu melalui google form, kemudian peserta mencabut nomor lot untuk dapat tampil sesuai urutan," kata Kepala Disdikbud Bukittinggi, Melfi Abra.

Menurutnya, jumlah peserta Pawai Alegoris Kota Bukittinggi lebih dari 115 Kontingen, dan yang tidak mengikutsertakan satuan pendidikan hanya setingkat Taman Kanak-Kanak.

"Untuk Pawai Alegoris hari ini kita tidak melibatkan Anak TK dan PAUD, rute pelaksanaan dimulai dari start di kawasan Lapangan Wirabraja Lapangan Kantin menuju Jalan Jenderal Sudirman hingga finis di kawasan Pedestrian Jam Gadang," kata Melfi.

Panggung kehormatan ditempatkan di kawasan Taman Digital depan PLN Bukittinggi yang diisi oleh Wali Kota beserta Forkopimda daerah setempat. (*)