Prodi Kebidanan Unand berdayakan perempuan lewat continuity of care seri persalinan

id berita padang,berita sumbar,unand

Prodi Kebidanan Unand berdayakan perempuan lewat continuity of care seri persalinan

Tangkapan layar program pemberdayaan Prodi Kebidanan Unand. (Antarasumbar/HO-Kebidanan Unand)

Sifat his palsu mulai dari rasa nyeri ringan di bagian bawah, datangnya tidak teratur, tidak ada perubahan pada serviks atau pembawa tanda, durasinya pendek, tidak bertambah jika beraktivitas,
Padang (ANTARA) - Pandemi COVID-19 tidak menghentikan upaya civitas akademika Universitas Andalas (Unand) untuk berbagi dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang hadir dengan menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara daring melalui media zoom pada Sabtu (18/9) pukul 16.00 WIB.

Tema yang diusung adalah ‘Pemberdayaan Perempuan melalui Pelaksanaan Continuity of Care: Seri Persalinan’, kegiatan ini ditujukan bagi perempuan yang akan menunggu masa persalinan.

Ketua kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Yulizawati, S.ST., M.Keb menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan oleh 17 orang panitia yang terdiri atas dosen Prodi S1 kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan beserta mahasiswa.

Kegiatan yang dilakukan adalah KIE dan atau penyuluhan terkait Persiapan Persalinan oleh Rahmayani Afrah, S.Keb, Bd.

Beberapa hal yang ditekankan oleh narasumber adalah tanda-tanda persalinan sudah dekat mulai dari lightening dan terjadinya his permulaan

Ia menerangkan sifat his palsu mulai dari rasa nyeri ringan di bagian bawah, datangnya tidak teratur, tidak ada perubahan pada serviks atau pembawa tanda, durasinya pendek, tidak bertambah jika beraktivitas.

Pada sisi lain terkait dengan tanda-tanda persalinan terjadinya his persalinan dengan sifat pinggang terasa sakit, yang menjalar ke depan, sifatnya teratur, intervalnya makin pendek dan kekuatannya makin besar.

Kemudian kontraksi uterus menghakibatkan perubahan uterusfrekuensi minimal 2 kali dalam 10 menit, mMakin beraktivitas (jalan), kekuatan bertambah besar, bloody show berupa pengeluaran lendir disertai darah melalui vagina.

Kadang-kadang ketuban pecah sendirinya dan terjadi pengeluaran cairan,pada pemeriksaan dalam, serviks.

Terkait hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi persalinan dan kelahiran bayi dengan membuat rencana persalinan, membuat rencana pembuat keputusan jika terjadi kegawatdaruratan pada saat pembuat keputusan utama tidak ada, mempersiapkan transportasi jika terjadi kegawatdaruratan dan membuat rencana atau pola menabung.