Tingkatkan pelayanan pengemudi angkutan umum, Dinas Perhubungan Pessel lakukan penilaian Abdi Yaksa

id berita sumbar,berita painan,berita pessel

Tingkatkan pelayanan pengemudi angkutan umum, Dinas Perhubungan Pessel lakukan penilaian Abdi Yaksa

Dinas Perhubungan Pessel lakukan penilaian Abdi Yaksa (Antara/HO-Humas Pemkab Pessel)

Painan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan penilaian Abdi Yaksa tahun 2021 tingkat kabupaten terhadap perwakilan pengemudi dari sejumlah perusahaan angkutan umum resmi yang beroperasi di Pesisir Selatan seperti HPS, Mia dan perusahaan bus pariwisata.

Kegiatan penilaian Abdi Yaksa 2021 tersebut dibuka oleh bupati diwakili Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, Gunawan, Rabu (16/6) di aula Dinas Perhubungan setempat.

Pada kesempatan itu hadir perwakilan dari Polres, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Jasa Raharja, Forum Lalulintas Angkutan Umum dan lainnya.

Kadis Perhubungan Pesisir Selatan, Gunawan menjelaskan, penilaian Abdi Yaksa 2021 terhadap pengemudi angkutan umum itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Dinas Perhubungan.

Dikatakan, selain melakukan penilaian terhadap pengemudi angkutan umum, kegiatan itu juga difokuskan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), sekaligus peningkatan kualitas pelayanan pengemudi angkutan umum.

Disebutkan, menjadi pengemudi bukan pekerjaan sampingan, karena banyak amanah disitu dan ada kepercayaan dari penumpang kepada para pengemudi.

"Nantinya, para pemenang Abdi Yaksa akan menjadi agen untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara," ucapnya.

Lanjutnya, selain mengikuti sejumlah tes, para pengemudi tersebut juga mendapatkan pelajaran tambahan tentang jaminan keselamatan dalam berkendara.

Kemudian diberikan pembekalan terkait upaya mengurangi tingkat kecelakaan, akibat kelalaian pengemudi. Penerapan sistem manajemen keselamatan, disiplin dalam berkendara dan lainnya.

"Dalam hal ini, pemerintah melalui instansi terkait juga wajib melakukan pembinaan bagi para pengemudi angkutan umum, sehingga mereka nantinya bisa menjadi contoh dan teladan bagi pengemudi lainnya. Pembinaan kita lakukan bersama pihak Kepolisian, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja dan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat," ungkap Gunawan