Wabup Pessel minta walinagari dan perangkat lakukan penyuluhan tentang prokes secara intensif

id berita sumbar,berita pessel,berita painan,Rudi Hariyansyah

Wabup Pessel minta walinagari dan perangkat lakukan penyuluhan tentang prokes secara intensif

Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah. (ANTARA/ist).

Painan (ANTARA) - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah meminta Walinagari dan perangkat nagari se Kabupaten Pesisir Selatan melakukan penyuluhan tentang penerapan protokol kesehatan (Prokes) pada masyarakat secara intensif dalam upaya pencegahan penularan Covid 19 Selasa (25/5).

"Ya, walinagari dan perangkat nagari juga harus menjadi contoh yang baik dalam penerapan Prokes di tengah-tengah masyarakat. Hal itu dilakukan dalam rangka pencegahan penularan Covid 19," pintanya.

Ia mengatakan dengan bertambahnya jumlah masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 akhir-akhir ini, maka pihaknya juga mengingatkan masyarakat dengan kesadaran sendiri untuk tetap menerapkan Prokes.

"Ya, penerapan protokol kesehatan sangat penting dan menjadi kunci pencegahan penularan Covid-19. Caranya yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan," katanya.

Menurut wabup, bila Covid-19 terkendali, maka semua pihak bisa beraktifitas dengan normal. Selain itu, tentu pemerintah tidak lagi mengalokasikan anggaran yang besar dalam penanganannya, sehingga dana tersebut bisa dialihkan untuk mendukung berbagai pembangunan di Pesisir Selatan.

Sementara itu Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Pesisir Selatan, Rinaldi mengungkapkan, pasien terkonfirmasi postif Covid 19 di Pesisir Selatan terus bertambah, hingga kini sudah mencapai 1.708 orang. Sedangkan pasien yang sembuh sebanyak 1.499 orang, meninggal dunia 53 orang dan dirawat/isolasi 153 orang.

"Kita juga berharap agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid 19 yang hingga kini belum usai. Sebab, penularan Covid 19 sangat cepat, tetapi harus dicegah dengan penerapan Prokes secara ketat," katanya.