Wako Solok ingatkan peran strategis Setda percepat pembangunan daerah

id berita solok,berita sumbar,sekda

Wako Solok ingatkan peran strategis Setda percepat pembangunan daerah

Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Zul Elfian Umar. (Antarasumbar/HO-Prokom Kota Solok)

Walau eselon tiga, jika diperlukan untuk koordinasi percepatan pencapaian kerja, dengan memanfaatkan asisten bahkan Setda, silahkan panggil kepala OPD,
Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Zul Elfian Umar mengingatkan peran strategis Sekretariat Daerah (Setda) dalam percepatan pencapaian target pembangunan daerah.

Zul di Solok, Rabu, mengatakan begitu besar peran koordinasi pada bagian-bagian di lingkup Setda jika diperlukan dibenarkan menghadirkan OPD untuk hal-hal yang perlu dikawal guna percepatan penyelesaiannya.

"Walau eselon tiga, jika diperlukan untuk koordinasi percepatan pencapaian kerja, dengan memanfaatkan asisten bahkan Setda, silahkan panggil kepala OPD," kata dia.

Ia menyampaikan itu pada saat memimpin rapat terbatas di ruang kerjanya.

Menurut dia tidak mungkin jika dibiarkan saja OPD berjalan sendiri, terutama dalam perumusan kebijakan daerah.

Ia juga mengharapkan setiap kebijakan daerah yang lahir tidak ada yang terluput atau tidak terkawal oleh bagian-bagian.

"Jangan sampai setiap permasalahan yang ada tidak ada penyelesaian atau dibiarkan begitu saja. Perkuat koordinasi," ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan Sekda dengan didampingi para asisten dan Kabag memiliki peran stategis di samping menjalankan fungsi sekretariat pelayanan administrasi.

Menurutnya OPD tersebut juga memiliki peranan penting, yakni menjalankan fungsi koordinasi terkait kebijakan daerah yang sangat berpengaruh pada cepat lambatnya penyelenggaraan pemerintahan.

"Begitu besarnya peran koordinasi pada bagian-bagian di lingkup Setda," ucapnya.